Kepala BP2MI akan kawal kepulangan TKI di tengah Pandemi Corona

Kepala BP2MI akan kawal kepulangan TKI di tengah Pandemi Corona

16/04/2020, April 16, 2020

Sinarberitanews.co.id, JAKARTA - Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani memastikan akan mengawal kepulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di tengah pandemi corona (Covid-19) di Tanah Air.
Menurut dia, selain karena wabah corona, para TKI tersebut pulang ke kampung halamannya lantaran menjelang bulan suci Ramadan dan Lebaran 1441 Hijriah.
"Kita ingin memberikan jaminan kepada pekerja migran yang saya ingin menyebutnya mereka adalah VIP negara. Mereka adalah pahlawan devisa," kata Benny usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/4/2020).
Benny ingin para TKI yang kembali ke Indonesia mendapat pengawalan khusus sesuai dengan standar protokoler kesehatan. "Kita akan tunduk patuh dan bahkan kita ingin memastikan tidak hanya mereka kembali dijamin aman di setiap perbatasan tadi seperti pelabuhan, airport, dan wilayah perbatasan. Sehingga mereka tiba di kampung halaman (dengan selamat). Sekali lagi pekerja migran adalah VIP negara," tuturnya.
Dia menambahkan, pemerintah telah mengimbau agar para TKI tidak pulang kampung terlebih dahulu saat adanya pandemi corona di Tanah Air. Namun, bila para TKI tersebut ingin pulang, pemerintah tidak akan melarangnya.
"Kita akan siapkan dengan skema lain yaitu kita menyiapkan semua infrastruktur yang kita miliki untuk kita bersama-sama dengan satuan gugus tugas kemudian kementerian dan lembaga untuk bekerja sama bagaimana tidak hanya mereka aman, dijamin kepulangan dan tiba sampai di kampung halaman. Tapi juga bantuan-bantuan tidak boleh satu pun pekerja migran tidak mendapatkan bantuan," tuturnya. Dikutip dari okzone. (Red)

TerPopuler