BLT-DD sudah disalurkan kepada 84 KK warga Desa Karang Agung

BLT-DD sudah disalurkan kepada 84 KK warga Desa Karang Agung

23/05/2020, Mei 23, 2020

Sinarberitanews.com, LAMPURA - Sesuai hasil Rapat di Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara 20 Mei 2020, ada 9 Desa dan 5 Kelurahan di Kecamatan Kotabumi Selatan, yang saat ini 9 deda itu membagikan Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT-DD). Di antaranya adalah Desa Karang Agung, yang membagikan BLT-DD tetsebut, tepatnya Jumat 22 Mei 2020.
Sesuai dengan Program Pemerintah Pusat, bahwa BLT-DD itu dialokasikan untuk membantu masyarakat baik mereka yang terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga Prasejahtera, warga yang tidak mampu mauoun warga terdampak Covid-19. Mereka semua akan diberikan atau disalurkan BLT-DD, khusisnya warga yang belum mendapat bantuan sama sekali, baik itu Bansos yang disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Bantuan Sembako dari Provinsi maupun Bantuan Sembako dari Kabupatem/Kota.
Jika warga yang telah mendapat bantuan tersebut baik dari manapun dan untuk BLT-DD tidak diperbolehkan lagi mereka mendapatkannya, karena sesuai dengan aturan pusat warga gidak dapat memperoleh bantuan dobel, karena masih banyak warga yang perlu dibagikan banguan tersebut. Hal itupun diakui Camat Sarihusin SE Camat Kotabumi Selatan, ia cukup tegas, melarang untuk mendapat bantuan dobel.
 Bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak Virus Corona atau Covid 19  yang sedang merebak dan menganggu/menghimpit Sosial Ekonomi  masyarakat  sehingga tidak bisa beraktivitas seperti biasanya dengan tujuan untuk  menjaga, menekan perkembangan penularan virus menakutkan itu, hingga memutus mata rantai Covid-19.
Di Desa Karang Agung telah merealisasikan  sebanyak 84 kepala keluarga (KK) dari 271  jumlah KK. Keoada warga yang 84 KK secara langsung disalurkan BLT-DD tersebut, yang disebut untuk BLT-DD untuk 1 bulan yaitu April lalu, sebesar Rp 600.000/KK. Dimana Penyerahan bantuan itu langsung dilakukan Kepala Desa Karang Agung (BANI IHKSAN) yang didampingi seluruh Aparatur Desa. Juga penyerahan itu dihadiri Camat Kotabumi Selatan (Sarihusin SE), Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Karang Agung .
Dalam kesempatan itu, Bani Ikhsan Kepala Desa menjelaskan, bahwa  bantuan direalisasikan kepada masyarakat yang layak mendapat  bantuan BLT - DD, sesuai data masyarakat untuk menerima, untuk menghindari  tumpang tindih/dobel mendapatkan bantuan, bagi masyarakat yang telah mendapat kan bantuan Bansos dari Kemensos, Sembako dari Provinsi  maupun Sembako Kabupaten/Kota dan bukan masyarakat berprofesi sebagai PNS (Pegawai Negeri sipil) serta masyarakat yang kaya, ujar kepala desa
Kepala Desa (Bani Ikhsan) menjelaskan, terkait Dana Desa TA 2020 tahap pertama hanya beberapa persen dialokasikan untuk BLT dan Dana Desa lainnya tetap digunakan untuk pembangunan Infrastruktur dan Sarana Prasarana (Sapras) secara bertahap, salah satunya Pembangunan  pembuatan Jamban sehat  sebanyak 21 Unit, pungkas. (MW/Redaksi)

TerPopuler