Sarihusin SE :BLT-DD mulai besok disalurkan ke Masyarakat

Sarihusin SE :BLT-DD mulai besok disalurkan ke Masyarakat

20/05/2020, Mei 20, 2020

Sinarberitanews.com, LAMPURA - Sarihusin SE Camat Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menjelaskan, mulai Rabu 21 Mei 2020 akan menyalurkan atau membagikan Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT-DD) ke masyarakat untuk warga 9 Desa. Di Kecamatan Kotabumi Selatan terdiri dari 9 desa dan 5 kekuruahan. Tetapi yang membagikan BLT-DD hanya adanya di desa yaiutu 9 desa se-Kecamatan Kotabumi Selatan. Sedangkan umtuk warga 5 Kelurahan Kecamatan Kotabumi Selatan, tetap akan diberi bantuan Sembako, demikian dikatakan Camat Sarihusin SE.

Sesuai program pemerintah pusat, bahwa Dana Desa selama ini digunakan untuk membangun infrastruktur desa dan pembangunan sarana prasarana (Sapras) lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat desa. Tetapi sekarang ini akibat dampak Virus Corona atau Covid-19 Pemerintah Pusat mengalokasikan sebahagian anggaran DD tersebut untuk menanggulangi kebutuhan masyarakat yang terhimpit dan tidak mampu atau yang terdampak Covid-19 sehingga anggaran desa tersebut disalurkan melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).
Dikatakan, Finalisasi pembagian BLT-DD tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama kepala-kepala desa dan kepala kelurahan yang menetapkan Rabu 21 Mei 2020 BLT-DD tersebut mulai dibagilan hingga selesai. Pembagian BLT-DD tersebut tidak semua masyarakat dibagikan, yang dibagikan adalah sesuai data yang sudah ada melalui pendataan petugas dan warga yang mendapatkan bantuan itu adalah warga yang benar-benar membutuhkan, buat warga yang tidak mampu juga warga yang terdampak Covid-19 itu, tutut Camat Sarihusin.
Dikatakan, bagi warga Kecamatan Kotabumi Selatan, yang terdiri dari 9 Desa dan 5 Kelurahan semuanya warga akan dibagikan bantuan tersebut dan bentuk Sembako. Tetapi bagi waega yang sudah mendapatkan bantuan Sembako baik itu melalui Banfian Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) atau bantuan Sembako dari Provinsi maupun dari Kabupaten, mereka tidak dapat pembian Sembako lagi karena tidak diperbolehkan menerima dobel. "Semua warga akan dibagikan dan saya sudah perintahkan supaya jangan ada pilih kasih atau tebang pilih. Saya menginginkan warga Kecamatan Kotabumi Selatan kondusif semua tanpa ada masalah," ujar Camat Sarihusin.
Anggaran Dana Desa yang disalurkan melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diambil dari Dana Desa sekitar 25 hingga 35 persen. Tidak semuanya Dana Desa itu dialokasikan untuk BLT, kata Camat Sarihusin yang dihubungi Sinar Berita News melalui telepon selulernya Selasa (20/05).
Menurutnya, mengenai warga yang 5 Kelurahan yang berada di Kecamatan Kotabumi Selatan yang tidak mendapat Dana Desa tetap warga di ke 5 kelurahan itu akan dibagi Sembako bagi warga yang belum pernah mendapat bantuan, baik itu Bansos, bantuan Sembako dari Provinsi maupun bantuan Sembako dari Kabupaten. Warga nanti akan dibagikan bantuan Sembako baik malalui PKH (Program Keluarga Harapan), Dinas Sosial (Dinsos) maupun Bantuan melelai APBD Kabupaten Lampung Utara. Pokoknya semuanya akan dibagi bantuan Sembako sesuai kemampuan daerah masing-masing, papar Camat Sarihusin. (MW/Redaksi)

TerPopuler