Kades Mulang Maya telah membangun Gedung Paud,Hingga menuntaskan penyaluran BLT-DD

Kades Mulang Maya telah membangun Gedung Paud,Hingga menuntaskan penyaluran BLT-DD

16/06/2020, Juni 16, 2020

Sinarberitanews.com, LAMPURA - Desa Mulang Maya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, sesuai program pemerintah terkait dengan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam upaya membentuk generasi jenius di Desa Mulang Maya.
Prioritas Dana Desa (DD) merupakan dana strategis dalam membangun  Imprastruktur dan pembangunan desa lainnya di antaranya salah satu, Pembangunan Gedung PAUD dengan tujuan agar Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Mulang Maya  dapat setara dengan pendidikanan  anak usia dini di perkotaan dan saat ini proses pembangunan PAUD di Desa Mulang Maya telah berjalan 75 persen, akan di maksimalkan akhir Juni tahun 2020 akan rampung 100 persen. Agar dapat secepatnya dimamfaatkan.

Proses Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Mulang Maya sedang fokus, karena selama hampir setahun PAUD di Desa Mulang dioperasukan di rumah Almarhum H.Jainuri AR yang merupakan rumah pribadi  masyarakat  setempat. Oleh karena itu Kades mengerahkan segala daya upaya untuk membangun gedung PAUD tersebut.
Di saat Sinarberitanews.com berbincang-bincang bersama Kades Mulang Maya dan mengatakan, bahwasanya Pembangunan PAUD-pun juga disertai Pengadaan Meubelair dan pengadaan alat-alat atau sarana bermain lainnya, tutur Kades.
Sarana tersebut antara lain, 40 unit Kursi Meja murid, 5 unit Kursi Meja untuk Guru, 1 unit Lemari, 3 unit Ayunan dan 1 unit  alat komudi putar, ungkap  Kades Mulang Maya Alwan SH .

Dalam kesempatan yang sama Kades Mulang Maya memaparkan, sebelum membangun Gedung PAUD yang dibiayai  dari Dana Desa (DD) Tahap Pertama Tahun Anggaran (TA) 2020,  terlebih dahulu  melakukan penyemprotan disinfektan di tempat Ibadah & seluruh Desa Mulang Maya, serta  menyiapkan  Ruang Gedung  Isolasi  untuk mengantisipasi bila ada masyrakat desa Mulang Maya yang  ODP/PDP. Juga  membagikan sejumblah 3.600 masker  kepada seluruh warga Desa Mulang Maya.

Dan merealisasikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT-DD) secara langsung kepada setiap kepala keluarga (KK) sesuai data sejemlah 282 KK, dari jumlah 1.493 KK yangg berada di 17 Dusun yang terdiri dari 42 RT. Sementra tercatat ada sejumlah 603 KK, telah mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) 74 KK dan Bansos APBN 61 KK serta BLT Kementrian
Sementra untuk Pembangunan Posko  di Desa Mulang Maya tetap ada di beberapa titik dalam menantau pergerakan aktifitas masyrakat di desa baik dari luar desa  maupun masyarakat dalam Desa Mulang Maya. Membuat sepanduk Himbauwan kepada masyarakat  dalam cara memutuskan mata rantai Covid-19 yang mamasang banner di pasisikan di setiap dusun di 17 Dusun yang berada di Desa Mulang Maya dan mengingat luasnya  dan banyaknya jumlah KK dan rumah warga desa dan keterbatasan dana, sehingga penempatan  galon air dan sabun cuci tangan hanya sebatas 48 titik saja, dimana titik tersebut di tempatkan yang lebih layak diposisikan untuk gampang dijanhkau masyarakt, disitulah dibuat titik galon air  dan  sabun cuci tangan, pungkas Kades Mulang Maya. (Marwiyah/Red)

TerPopuler