Diminta Bupati Lambar perbaiki jalan Kabupaten dua desa di Sekincau

Diminta Bupati Lambar perbaiki jalan Kabupaten dua desa di Sekincau

03/07/2020, Juli 03, 2020

Sinarberitanewa.com, LAMBAR - Keluhan warga desa Waspada dan Desa Tiga Jaya Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, melihat kondisi jalan penghubung antar desa ke desa induk kecamatan sangat memperhatinkan dan diminta Dinas PU Bina Marga Cq Bupati Lampung Barat segera memperbaiki, demikian dikatakan warga Sekincau.
Warga Desa Waspada dan Desa Tiga Jaya sudah tidak nyaman menggunakan jalan itu, oleh karena itu warga dua desa itu mengharapkan adanya pembangunan jalan yang menghubungkan desa dengan kecamatan untuk melakukan pengangkutan maupun penjualan komiditi hasil pertanian mereka. Dengan rusaknya jalan di dua desa tersebut sangat menghabat alur transportasi perekonomian warga setempat, hingga menghambat lajunya transaksi penjualan hasil pertanian dan kopi. Atas dasar itu seluruh hasil panen selalu terlambat dijual ke pasar dengan alasan jalan tersebut sangat rusak berat. Di musim hujan blok seperti kubangan, tidak dapat dilalui kenderaan roda dua maupun roda empat.
Dari sejarah pertama jalan itu dikerjaka pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan sudah sekitar 15 tahun yang lalu. Mulai sejak itu tidak pernah lagi ada pembangunan atau perbaikan baik perawatan jalan. Dinas terkait tidak pernah melihat kondisi jalan tersebut kendati sudah kondisi parah. Juga menimbulkan pertanyaan warga, dikemanakan Pemkab Lampung Barat Dana Perawatan jalan tersebut, sehingga tidak pernah ada perbaikan jalan di dua desa itu.
Ketika Sinar Berita News Mengkonfirmasi ke salah satu Kepala Desa Waspada (Hery) dan mengatakan, bahwa jalan tersebut bukan jalan desa tapi jalan kabupaten maka dengan itu kami sebagai Aparat Desa yang mengelola anggaran DD dan ADD tidak  mau ambil alih pekerjaan dari pihak dinas terkait. Dalam pembangunan jalan, kami takut terjadinya tumpang tindih anggaran. Adapun anggaran yang di turunkan ke desa masih kurang untuk dipergunakan melakukan pembangunan fisik karena melihat luas desa yang harus ditata pembangunannya.
Tokoh masyarakat dari Desa Waspada mengatakan, ke Sinar Berita News yang tidak mau di sebut Namanya dalam pemberitaan ini mengatakan, sangat besar harapan kami adanya uluran tangan dari bupati Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman untuk dapat melihat secara langsung ke lapangan agar dapat membantu atau memprogramkan perbaikan jalan tersebut. Dikatakan, kalau jalan itu diperbaiki dan sudah lancar. Diharapkan dapat mengangkut hasil bumi dari desa ke induk kecamatan, sangat besar mamfaat dan cepat penjualan hasil bumi dari desa kami ungkapnya.
Menurutnya, bahwa jalan yang rusak berat tersebut sangat mengangu untuk anak sekolah, apabila musim hujan anak sekolah selalu buka sepatu, karena sudah tergenang lumpur semua jalan, apa bila musim kemarau anak sekolah menghirup debu karena jalan tersebut tidak ada lagi aspalnya
 Harapan seluruh warga desa Waspada dan Tiga Jaya agar segera dapat diperbaiki Pemerintah atau Dinas terkait untuk melakukan dan membantu masyarakat dua desa tersebut untuk lebih maju dan memberikan semagat dalam melakukan pekerjaan sebagai petani dan meningkatkan pendapatan warga karena jalan ini nantinya diperbaiki sesuai dengan yang ada di lapangan.  (Juhri Malik)

TerPopuler