Presiden Jokowi dan Rombongan kunjungi lokasi percepatan peningkatan TGAI kabupaten Batang

Presiden Jokowi dan Rombongan kunjungi lokasi percepatan peningkatan TGAI kabupaten Batang

01/07/2020, Juli 01, 2020

Sinarberitanews.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Desa Ketanggan, Kab. Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6). Hadir dalam kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Bupati Batang Suyono.
Pada tahun 2020, pelaksanaan P3-TGAI menjangkau 10.000 lokasi dengan total anggaran Rp 2,25 triliun. Melalui program ini, saluran irigasi desa dibangun/diperbaiki dengan skema padat karya tunai melibatkan petani atau penduduk setempat. Dengan upah yang diperoleh, diharapkan jumlah uang yang beredar di desa meningkat dan menjadi stimulan pemulihan ekonomi lokal.
Di Batang, program P3TGAI dilaksanakan di tiga desa dengan total luas lahan pertanian yang mendapat aliran air irigasi 146 hektar. Masing-masing desa mendapat anggaran Rp 195 juta untuk belanja material dan upah. Pelaksanaan program berupa pembangunan irigasi kecil dengan pemasangan batu kali sepanjang 200 - 350 meter dan jalan produksi yang dikerjakan oleh para petani sekitar dengan upah tukang Rp 100 ribu/hari dan pekerja Rp 80 ribu/hari yang dibayar mingguan selama 100 hari. (Redaksi)

1. PUPRBersatuAtasiCOVID-19
2. InfrastrukturUntukIndonesiaMaju
3. PUPRSigapMembangunNegeri

TerPopuler