Desa Tiga Jaya bolak-balik usulkan penggantian tiang listrik tak pernah direalisasi

Desa Tiga Jaya bolak-balik usulkan penggantian tiang listrik tak pernah direalisasi

08/08/2020, Agustus 08, 2020

“Masyarakat Desa Tiga Jaya Berharap Adanya Perbaikan Tiang Listrik dan Penataan Kabel Yang Semraut Untuk Menghindari Korban Kecelakaan.”

Sinarberitanewa.com, LAMBAR - Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat dengan wilayah yang sangat luas dan penduduk yang ramah. Masyarakat Desa Tiga Jaya yang berpenghasilan dari Bertani Kopi, Lada dan Plawija lainnys dan salah satu daerah atau pedesaan yang subur dan produktif pertanian dan pendapat masayarkat pada saat ini musim panen kopi, yang menunjang kesejahteraan warga meningkat, dari perkembangan wilayah desa dari pembangunan di berbagai sektor dan insprastruktur baik Sumber Daya Manusia (SDM)  masyarakat semakin meningkat.

Kerja keras aparat desa untuk membangun wilayah Desa Tiga Jaya Kecamatan Sekincau untuk menata desa dari berbagai sektor dan dana yang di pergunakan desa yang bersumber dari APBN (Dana Desa/DD) dan APBD Anggaran Dana Desa (ADD) yang besumber dari Kabupaten Lampung Barat, dengan luasnya Desa Tiga Jaya untuk dibenahi dengan anggaran yang ada tidak terpenuhi sesuai permintaan masayarakat.

Maka dengan itu Kepala Desa Tiga Jaya melakukan berbagai trobosan melalui lobi-lobi ke pemerintah pusat dan daerah karena ada hal yang sagat dibutuhkan dalam pembenahan Tiang Listrik dan Kabel yang semraut.

Tokoh Masyarakat Desa Tiga Jaya, Rafi Udin menjabarkan ke Sinar Berita News, Kami sebagai warga Dusun Serungkuk Desa Tiga Jaya Kecamatan Sekincau sudah sering membuat usulan melalui Musrembang di desa maupun di kecamatan untuk mengusulkan penataan tiang listrik baik kabel yang semraut, disebabkan tiang listrik yang kami pake dari swadaya masyarakat terbuat dari kayu yang tidak sesuai dengan standar kelistrikan.
Jelas kami sebagai warga sangat cemas melihat kabel yang terlalu pendek dari ukuran biasa, terus terang kecemasan kami untuk anak-anak yang sering bermain layang-layangan baik di halaman rumah, karena kabel tersebut belum tertata baik, kami sangat wanti-wanti terjadinya kecelakaan, karena arus yang dialirkan kabel tersebut bisa membahayakan warga, ungkap Rafi Udin Tokoh Masyarakat Desa Tiga Jaya.
Kepala Desa Tiga Jaya, Prayitno yang dikonfirmasi di kantornya, membenarkan apa harapan dan penjelasan dari tokoh masyarakat itu dan kami Aprat Sesa sudah berusaha keras mengajukan pengadaan Tiang Listrik ke pemerintah kecamatan baik pemerintah Kabupaten Lampung Barat, untuk dapat memberikaan bantuan berupa tiang listrik yang sekarang ini desa sangat memperhatikan karena tiang yang di pakai tidak sesuai dengan apa yang seharusnya menjadi harapan. Karena pohon yang tumbuh di depan rumah warga menjadi cantolan tiang listrik. Kami berharap adanya penataan tiang listrik baik kabel yang sering mengancam bahaya bagi anak-anak atau sama warga, karena disebabkan ketinggian kabel tersebut belum standar.
Oleh karena itu Prayitno, Kades Tiga Jaya berharap uluran tangan dari Bupati melalui Dinas terkait untuk dapat memperhatikan desa kami ini, ungkap Kades. Dikatakan, bahwa tiang listrik yang sangat dibutuhkan dengan pajang kurang lebih 1000 meter dan kabel yang tidak memiliki tiang listrik.
Tim Investigasi DPC Tipikor Indonesia Juhri Malik mengatakan, ke Sinar Berita News, jelas dan kami lihat di lapangan apa yang di katakana Tokoh Masyarakat dan Kepala Desa Tiga Jaya benar, sesuai dengan fakta dan kami sebagai sosial control berharap pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk melihat dan merealisasikan permintaan warga Desa Tiga Jaya khususnya dusun Serungkuk, jelas -jelas tahun anggaran 2019 pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Lingkugan Hidup menganggarkan pengadaan tinag listrik yang berukuran Panjang 7 meter, berdasrkan No. RUP 20988250 Spesifikasi Pekerjaan Terpasangnya Tiang Listrik 9 Meter dan Dudukan Kabel dan Pagu Rp. 196.000.000, lebih jelah tim investigasi memaparkan.
Dalam perbelanjaan Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggaran 2020 berdasarkan RUP 23389549 Spesifikasi Pekerjaan Pemasangan Tiang Lampu Jalan, yang bersumber dari APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat No. Rek 2.05.2.05.01.12.08.5.2.3.24.04 dan total pagu yang dipergunakan Rp. 245.000.000
Pelaksanaan kegiatan tersebut mulai Januari sampai Desember 2020. LSM TIPIKOR Indonesia, melalui DPC Lampung Barat, bersama tokoh masyarakat baik Kepala Desa Tiga jaya mengharapkan Bupati melalui Dinas Lingkugan Hidup untuk dapat merespon permohonan atau permintaan warga Desa Tiga Jaya tersebut.
Lebih lanjut Juhri Malik kami sebagai Lembaga swadaya masyarakat dan sosial control berharap dengan benar melihat kecamatan dan desa yang sangat-sangat membutuhkan pembangunan inspraktruktur maka dengan itu Bupati Lampung Barat berharap agar dapat memberikan harapan atau bantuan untuk penataan tiang listrik baik kabel untuk mencegah terjadinya kecelekaan karena melihat situasi kabel dan tiang listrik,  ungkapnya. (Tobroni)

TerPopuler