Lingkungan Hijau Nan Asri SMAN 15 Kota Bekasi Menuju Sekolah Adiwiyata

Lingkungan Hijau Nan Asri SMAN 15 Kota Bekasi Menuju Sekolah Adiwiyata

28/01/2021, Januari 28, 2021


Sinarberitanews.com, KOTA BEKASI - SMA Negeri 15 Bekasi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan Sarana Prasarana (Sarpras) sekolah, lingkungan hijau nan asri, bersih dan indah membuat sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang memiliki lingkungan sekolah terbaik di Kota Bekasi.


Tidak diduga SMA Negeri 15 Bekasi yang notabene adalah Sekolah Garis Depan (SGD) dan berlokasi tidak jauh dari tempat pembuangan sampah TPA Bantar Gebang, dapat berubah 90 derajat menjadi sekolah indah dan ramah lingkungan.



Perubahan sekolah ini tidak lepas dari faktor kinerja Kepala Sekolah, Para Guru, Tata Usaha dan seluruh stakeholder sekolah. Tidak sia-sia mereka melakukan penataan lingkungan sekolah, sehingga terlihat SMA Negeri 15 Kota Bekasi menjadi sekolah hijau, asri dan indah.


Ditemui disekolahnya, Jumat (15/01/2021) Kepala SMA Negeri 15 Kota Bekasi, Ermayani Astuti, M.Pd mengatakan, lingkungan sekolah yang hijau, asri dan indah mempunyai peranan penting bagi terlaksananya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang nyaman, serta menunjang tercapainya tujuan visi sekolah iyaitu, “Mewujudkan cita-cita Sekolah Dapat Sejajar Dengan Sekolah Terbaik Lainnya,” ungkap Erma.


“Bagi siswa, di samping mereka belajar, lingkungan sekolah adalah tempat mereka bermain ataupun berinteraksi bersama teman-temannya,” sambung Erma.


Erma menambahkan, lingkungan sekolah yang kondusif sangat di perlukan dalam menghasilkan proses belajar yang nyaman. Hal tersebut juga memotivasi siswa belajar dan menjadi generasi muda yang memiliki rasa cinta terhadap lingkungan.


Erma berharap, semoga ke depan SMA Negeri 15 Bekasi dapat meraih sekolah Adiwiyata. Untuk itu sekolah harus kerja keras bagaimana mempersiapkan sekolahnya agar dapat meraih sekolah Adiwiyata.


“Kami harus bekerja keras untuk mempersiapkan SMA Negeri 15 Bekasi meraih sekolah Adiwiyata,” lanjut Erma berharap.


Saat ini lingkungan SMA Negeri 15 Bekasi diisi dengan beragam tanaman hias, pohon produktif hingga beragam jenis binatang mulai dari burung, ikan, ayam, dan lain-lainnya.


Di samping itu, sarana prasarana sekolah seperti Laboratorium, Ruang Perpustakaan, Ruang Kelas Belajar (RKB), WC Siswa, Kantin, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha dan fasilitas olah raga sudah terpenuhi.


Sementara, Drs.Iksan Taufik, Wakil Kepala Sekolah Bidang ke Humasan SMAN 15 Bekasi mengatakan bahwa sekolahnya telah mampu melakukan penataan tata ruang, taman dan lingkungan sekolah yang Asri.


“Kita sudah mampu melakukan penataan tata ruang sekolah, namun, masih punya tugas menata lebih baik lagi supaya menjadi lingkungan benar-benar Asri dengan harapan bisa meraih sekolah Adiwiyata,” ungkap Iksan.


Iksan Taufik menjelaskan, penataan lingkungan SMA Negeri 15 Bekasi sudah dilakukan dari beberapa tahun yang lalu, namun hasilnya baru terlihat sekarang. SMA Negeri 15 Bekasi bisa terwujud seperti saat ini berkat dukungan dari Pemerintah Daerah Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat serta peranan seluruh warga sekolah seperti Kepala Sekolah, Dewan Guru, Komite Sekolah, Peserta Didik dan orang tua siswa,” tambah Iksan.


Intinya sambung Iksan,  lingkungan sekolah adalah lingkungan kehidupan sehari-hari siswa dan jika lingkungan sekolah dapat ditata dan dikelola dengan baik, maka akan menjadi wahana efektif pembentukan perilaku peduli lingkungan.


Penghijauan sekolah adalah konsep yang mengajak seluruh warga sekolah untuk membentuk gaya hidup agar lebih peduli untuk melestarikan lingkungan dimanapun kita tinggal.


Diharapkan SMAN 15 Bekasi akan melahirkan generasi muda yang bakal jadi pemimpin masa depan dengan visi ramah lingkungan dan kelak dapat menyelamatkan sumber daya alam,” tambah Iksan Taufik berharap.


Ditempat yang sama, Kepala Tata Usaha SMA Negeri 15 Bekasi, Tugiah mengatakan bahwa penataan sekolah yang mereka lakukan sebagai upaya mewujudkan SMA Negeri 15 Bekasi menjadi sekolah ramah lingkungan.


“Kebetulan lahan SMAN 15 Bekasi sangat mendukung untuk dilakukan penataan taman dan penataan ruang, sehingga dimungkinkan dapat mewujudkan sekolah ramah lingkungan, sekolah hijau, asri dan indah,” ungkap Tugiah.


“Jadi, sambung Tugiah melakukan penataan lingkungan sekolah sebagai upaya kami mewujudkan SMA Negeri 15 Kota Bekasi menjadi sekolah ramah lingkungan sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang nyaman dan kondusif,” ujar Tugiah. (Redaksi)

TerPopuler