Kapolsek Pugung Identifikasi Peristiwa Banjir di Pekon Banjar Masin Bulok

Kapolsek Pugung Identifikasi Peristiwa Banjir di Pekon Banjar Masin Bulok

30/12/2021, Desember 30, 2021


TANGGAMUS, sinarberitanews.com -- Pasca hujan deras yang terjadi di Kecamatan Bulok, Kabupaten Tanggamus, Sungai Pematang Beriga Pekon Banjar masin meluap menggenengi jalan dan rumah warga, Rabu (29/12/21) malam. 

Kapolsek Pugung, Polres Tanggamus IPDA Ori Wiryadi mengatakan, meluapnya sungai menggenangi 1 km Jalan Raya Dusun Pematang Beriga Pekon Banjar, hingg ke Kecamatan Pardasuka Pringsewu, juga menggenangi 34 rumah warga. 

"Luapan air hujan tersebut terjadi pada pukul 22.30 WIB, menggenangi jalan sepanjang 1 km dan 34 rumah warga di RT 01 RW 02  Pekon Banjar Masin Bulok dengan ketinggian air 30 - 40 cm," kata IPDA Ori Wiryadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, SIK, Kamis (30/12/21) pagi. 

Atas peristiwa tersebut, sambung IPDA Ori Wiryadi, langkah pihaknya beserta Personil Polsubsektor Bulok bersama warga sekitar bersama-sama melakukan pemeriksaan lokasi. 

"Selain memeriksa, juga membantu warga dan bersama-sama Instansi terkait mendata rumah-rumah warga yang terdampak luapan genangan air," ujarnya. 

IPDA Ori Wiryadi menegaskan, pasca luapan air tersebut, kemudian air mulai surut pada pukul 23.30 Wib. "Luapan air mulai naik pada pukul 22.00 WIB dan mulai surut pukul 23.30 WIB," tegasnya. 

Kapolsek menjelaskan, berdasarkan keterangan warga sekitar, bahwa sering terjadi banjir ketika curah hujan tinggi. 

"Karena irigasi yang tidak mampu menampung derasnya debit air hujan yang berlangsung cukup lama, ditambah air kiriman atau meluapnya Sungai Pematang," jelasnya. 

Ditambahkan, untuk kondisi pagi ini, air telah benar-benar surut dan pihaknya membantu warga melakukan bersih-bersih. 

"Pagi ini sudah tidak ada genangan, rencana hari ini membantu warga bersih-bersih pasca banjir tersebut," tandasnya. (Merliyansyah)

TerPopuler