PEKERJAAN PROYEK U-DITCH DAN BOK CULPERT DIDUGA ASAL JADI

PEKERJAAN PROYEK U-DITCH DAN BOK CULPERT DIDUGA ASAL JADI

23/12/2021, Desember 23, 2021


"Diduga Ada Kerjasama Antara Kontraktor, Konsultan Pengawas dan Dinas Terkait, Sehingga Pekerjaan Proyek Berjalan Kendati Dinilai Tak Sesuai Spek."      

      

KOTA BEKASI, sinarberitanews.com -- Pekerjaan saluran drainase yang menggunakan U-ditch dan Box Culvert seharusnya dikerjakan secara profesional, bukan asal-asalan. Seperti pekerjaan Jalan Haji Jole, Kelurahan Bantar Gebang TA 2021. Harusnya pekerjaan pemasangan U-ditch dan Box Culvert itu menggunakan lantai kerja. Banyak item yang dihilangkan dalam pekerjaan pemasangan U-ditch dan Box Culvert tersebut.



Tidak ada yang ekskavasi area kerja, dewatering dan pelapisan tanah atau material sesuai lantai kerja yang tercantum di dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Sehingga pekerjaan pemasangan U-ditch dan Box Culpert terkesan asal-asalan dan diduga kurang keprofesional pekerjaan tersebut. Kurang pengawasan dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) atau diduga ada unsur-unsur kesengajaan, sehingga  pekerjaan bisa dikerjakan walaupun tidak sesuai speck.


Hasil konfirmasi pihak wartawan Sinar Berita News dengan pekerjaan itu di lapangan tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan. Alasannya Pelaksana Proyek dan Konsultan yang bertanggung jawab lagi tidak ada di tempat. Juga menanyakan kepada pekerja di lapangan tentang Papan Nama Proyek tersebut disimpan di Gudang.


Kemudian pihak media menanyakan gudang, ada di mana mereka diam tidak menjawab alias membisu. Pemasangan U-Ditch Box Culvert dilakukan langsung dimasukan ke dalam saluran tanpa melakukan kerja ekskavasi area kerja dan dewatering serta lantai kerja. Kurang pemahaman pihak kontraktor, konsultan atau ada unsur-unsur kesengajaan dalam menghilangkan beberapa item tersebut.


Serta lemahnya pengawasan dari pihak Dinas BMSDA. Inti pekerjaan pemasangan U-Ditch Box Culvert itu cepat selesai. Tidak memikirkan hasil pekerjaan yang dapat merugikan masyarakat. Apabila jalan tersebut dilalui kendaraan dengan tonase yang berat, bisa lansung berakibat fatal, karena pekerjaan tersebut diduga tidak sesuai spek.


Lokasi pekerjaan tersebut. di Jln Haji Jole Bekasi. sinarberitanews.com beberapa kali mengkonfirmasi pekerjaan tersebut, ke Prjabat Pembuat Tehnik Kerja (PPTK) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), sangat sulit ditemui. Atau pihak-pihak tersebut enggan dan alergi sama wartawan untuk dikonfirmasi pekerjaan pemasangan U-Ditch dan Box Culvert itu. (Arnold G)

TerPopuler