Proyek Dinas PU Tanggamus Amburadul, Jalan Aspal Baru Dikerjakan Sudah Retak-retak

Proyek Dinas PU Tanggamus Amburadul, Jalan Aspal Baru Dikerjakan Sudah Retak-retak

06/01/2022, Januari 06, 2022


TANGGAMUS, sinarberitanews.com -- Tiba-tiba rekanan Proyek mengerjakan tambahan kekurangan volume jalan aspal yang retak-retak diperbaiki, namun demikian masih saja tampak aspal jalan retak-retak di sana sini. 


Padahal sudah masuk tahun 2022, namun proyek pembangunan jalan aspal bermasalah di Pekon Tanjung Kemala, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus masih terus dikerjakan sisa kekurangan volume pekerjaan sekitar 50 meter. Bahkan pihak pemborong berusaha memperbaiki aspal yang retak-retak ditambal, padahal proyek itu baru saja dua hari dibangun, kondisi aspal sudah retak, penambahan volume dilakukan sekitar Selasa 02/01/2022 kemaren.



Proyek pembangunan jalan aspal yang diduga tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB), karena dalam pengerjaannya terkesan asal jadi, aspal retak dan tipis, juga terlihat tidak rapih dan bergelombang, diduga proyek ini dalam pengerjaan menyalahi aturan, karena dikerjakan pada ujung akhir tahun bersamaan malam Tahun Baru 2022. disinyslir proyek ini danaya sudah dicairkan Dinas PU, tapi pekerjaan belum selesai. Artinya pekerjaan proyek ini dikondisikan pihak Dinas PU Kabupaten Tanggamus, ungkap seorang sumber yang minta namanya dirahasiakan.



Selain hasil pekerjaan proyek dengan kualitas buruk, bahkan sangat tampak hasil pengaspalan kualitas jelek. Apalagi dengan dikerjakan proyek sampai malam akhir tahun 2021. Kuat dugaan proyek ini telah melewati batas waktu yang ditentukan, karena pencairan dana proyek terakhir pada 25 Desember 2021. Sementara proyek belum juga selesai sangat jelas melanggar aturan.


Sumber mengatakan, jika material bagunan tidak sesuai, seperti contoh batunya yang digunakan seharusnya memiliki ukuran 3,5. batu ukuran 2,3 bahkan menggunakan batu ukuran 1,2. Diyakini proyek ini sudah tidak sesuai RAB.


Seorang pekerja dilokasi proyek saat ditanya mengatakan, kami memang disuruh kerja malam hari, karena memburu waktu dan masalah yang lain-lain, saya tidak tau pak, saya hanya pekerja yang punya kerjaan bang Nasmi sebagai pemborongnya, kata pekerja tersebut.


Di lokasi perkerjaan juga yang menjaga pengawas dari Dinas PU, Doni Irawan saat ditanya mengenai Papan Plang Proyek, dia mengatakan, bahwa Papan informas tadi sudah dibawa tapi sekarang tidak tau kemana, pekerjaan ini milik Bidang Cipta Karya Dinas PU KabupatenTanggamus. Untuk masalah yang lain-lain saya tidak tau pak jawabnya seraya Doni pergi meninggalkan lokasi. Dan dinilai enggan memberikan keteranggan lebih jauh, terkesan pengawasnya menghindar dari pertanyaan Pers.


Kabid CK Dinas PU Kabupaten Tanggamus Irvan, belum bisa dikonfirmasi, teleponnya tidak aktif, bahkan Kasi Perencanaan bernama Toni saat dikonfirmasi mengatakan, akan meneruskan konfirmasi wartawan ke Kabid CK. Namun hinggan berita ini diturunkan belum ada jawaban dari pihak Dinas PU Tanggamus. (Merliyansyah)


TerPopuler