Proyek Jalan Hotmix Bina Marga-03 Dinas PU Tanggamus Hanya Sebagian Dikerjakan

Proyek Jalan Hotmix Bina Marga-03 Dinas PU Tanggamus Hanya Sebagian Dikerjakan

21/01/2022, Januari 21, 2022


TANGGAMUS, sinarberitanews.com -- Proyek Jalan Aspal Hotmix nilai milyaran rupiah yang berada di ruas jalan Pekon Gading Pertiwi menuju Pekon Tamansari, Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Prov. Lampung. Padahal proyek ini baru seumur jagung namun aspal jalan sudah mulai rusak aspalnya dan mulai retak-retak. 



Ada puluhan titik, bahkan ada yang sudah mulai terkelupas. Diduga penyebab terjadinya retak-retak aspalnya, karena kualitas pekerjaan jalan yang asal jadi. Dan dinilai karena pembiaran dari dinas terkait atau minimnya pengawasan, karena ada dugaan main mata antara rekanan dan oknum Dinas PU setempat.



Menilisik retaknya aspal hotmix yang masih baru itu, bukan karena dilalui kendaraan bermuatan berat, karena jalan ini sangat jarang dilintasi kendaraan bertonase berat. Namun lebih mudah rusak karena diduga kualitas jalan yang buruk. Selain lapisan aspal hotmix yang tipis juga aspal kuncian lapen bagian bawah hotmix memang tidak ada aspalnya sehingga sangat mudah retak dan hancur.


Menurut keterangan berbagai sumber warga setempat, yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan, proyek aspal hotmix ini diketahui milik Bina Marga-03 Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanggamus, yang diketahui Kabidnya bernama Bowo, sumber mengetahui, karena Bowo pernah datang pada saat pelaksanaan pekerjaan dilakukan, ungkap sumber bercerita seraya mengungkapkan kekecewaannya atas kualitas jalan yang jelek itu.


Selain itu sumber menjelaskan, juga proyek ini masih baru seumur jagung, namun sudah mulai rusak. Memang benar saat ini masih dalam pemeliharaan pihak rekanan, namun walaupun demikian, jika kualitas buruk begini diyakini jalan ini tidak bertahan lama, ada kecurigaan proyek tidak sesuai dengan RAB, karena diduga rekanan mencari untung besar.


Bahkan sumber menjelaskan, informasi awalnya proyek di ruas jalan ini akan dibangun sepanjang 6 kilometer. Namun entah kenapa hanya sekitar 3,4.kilometer saja dikeejakan, dengan semen bahu jalan sepanjang 1,7 kilometer. Melihat kondisi jalan dengan besarnya jumlah anggaran ditengarai ada dugaan korupsinya pada proyek ini, karena anggaran besar, tapi pekerjaan tidak sesuai, bahkan dicurigai volume pekerjaan disunat, jika melihat besaran anggaran yang ada.


"Sumber mengatakan, seharusnya pengawasan Dinas PU Tanggamus bisa memaksimalkan pekerjaan rekanan, seperti ketebalan aspal hotmix secara umum masyarakat juga mengetahui, seharusnya ketebalan hotmix itu 5cm, sementara bisa dilihat kondisi aspal hotmix sangat tipis sekali. Ini perlu perhatian semua pihak karena istilahnya ini korupsi terstruktur namanya," kata sumber.


Diketahui proyek hotmix ini dengan kode BM-03, dengan nomor kontrak 600/001/BM-03/24/2021, dengan nilai Pagu Anggaran Proyek Rp.5.673.017.000,-  dikerjakan Rekanan CV. NACITA KARYA, dengan konsultan pengawas PT. BUMI KARYA KONSULTAN.


Sementara Kabid Bina Marga Dinas PU PERA Kabupaten Tanggamus, Bowo belum bisa dikonfirmasi beberapa kali media ini mencoba mendatangi kantornya ingin minta konfirmasinya, namun selalu tidak bisa bertemu, bahkan beberapa kali media ini mendatangi kantor Dinas PU Tanggamus belum bisa juga dikonfirmasi. (MERLIYANSYAH. MH)

TerPopuler