Kakon Pulau Panggung, Darmawansyah Diduga Korupsi Dana Desa Tahun 2021

Kakon Pulau Panggung, Darmawansyah Diduga Korupsi Dana Desa Tahun 2021

19/02/2022, Februari 19, 2022


TANGGAMUS, sinarberitanews.com -- Kepala Pekon (Kakon) Pulau Panggung Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Darmawansyah diduga sengaja melakukan Mark-up anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021, peruntukan kegiatan pembangunan fisik jalan onderlagh, yang terletak di Dusun 2 Pekon setempat.



Hal ini disampaikan seorang sumber, yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan, untuk pembangunan Jalan Onderlagh sepanjang 150 meter dengan lebar 2,5 meter, dengan anggaran Rp.190 juta. Jalan Onderlagh tersebut yang terletak di Dusun 2 Pekon setempat, diduga anggarannya Dimark-up, karena sangat tidak sesuai dana sebesar itu hanya untuk bangun onderlagh jalan pasangan batu yang sangat pendek.



Sumber juga menjelaskan, sangat nampak jelas mark-up anggaran pembangunan jalan onderlagh tersebut, karena bisa dihitung secara rinci onderlagh lebar 2,5 meter dan panjang 150 meter anggaran sampai Rp.190 juta. Artinya, nilai onderlagh satu meternya mencapai Rp.1.266.000,. sangat jelas nilai begini sangat ketinggian mark-up anggarannya.


Lebih lanjut sumber menjelaskan, saat pelaksanaan pembangunan onderlagh tersebut diperkirakan untuk pasangan batu belahnya menghabiskan sekitar 8 mobil saja, taburan pasirnya paling maksimal 4 mobil, perkiraan upah pasang batu Rp.6 juta, artinya untuk pasangan onderlagh saja kurang dari Rp.20 juta, itupun sudah diperkiraan tinggi sekali nilai harganya, jika ditambah pembuatan gorong-gorong satu buah nilai Rp.5 juta sudah bisa dihitung unsur korupsinya dana pembangunan onderlagh ini mancapai ratusan juta.


"Melihat dari jumlah volume jalan onderlagh dengan perbandingan anggaran yang digunakan, sudah bisa dihitung ada mark-up anggaran hingga ratusan juta, ini sudah masuk kategori korupsi," kata sumber.


Sementara Darmawansyah Kakon Pulau Panggung saat dikonfirmasi di ruangan kantornya, Jum'at (18/02/2022) menanggapi media ini dengan nada keras. Bahkan mempertanyakan surat tugas media, ketika ditanya soal anggaran pembangunan onderlagh dia mempersilahkan periksa sendiri aja di lokasi, namun tidak ada tanggapan kaitan anggaran yang diduga dimark-up Kakon Pulau Panggung yang jabat Ketua Apdesi itu malah emosi.


"Silahkan periksa sendiri di lokasi untuk apa konfirmasi lagi, artinya data kamu orang nggak akurat, jika masih konfirmasi," katanya.


Pembangunan onderlagh itu ada tambahan buat gorong-gorong satu buah, kualitas bagus gorong-gorong terbukti saat dibangun jalan dilewati mubil truk saja kuat tidak rusak, katanya. Namun, ketika ditanya anggaran paving blok di depan kantor pekon dia tidak menjawab malah menuduh awak media hanya cari-cari saja, entah apa yang dimaksud dengan cari-cari saja.


Berulang kali Darmawansyah mengatakan, dia sangat kesusahan menjadi Kakon, apalagi jika ditanyai soal proyek pekonnya begini semakin jadi bingung, baiknya kalian coba jadi kakon dulu biar tau rasa susahnya, ucapnya seraya meradang. (Kepala Biro MERLIYANSYAH)

TerPopuler