Propam Polda Lampung Melakukan Pembinaan Etika Profesi, Mitigasi Personil Polres Pringsewu

Propam Polda Lampung Melakukan Pembinaan Etika Profesi, Mitigasi Personil Polres Pringsewu

03/02/2022, Februari 03, 2022


PRINGSEWU, sinarberitanews.com -- Dalam rangka meminimalisir terjadinya pelanggaran yang dilakukan Personel Polri di wilayah hukum Polda Lampung, Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol M. Syarhan, SIK, MH melakukan Pembinaan Etika Profesi dan Mitigasi Personil di Polres Pringsewu, Rabu (2/2/2022).


Kedatangan Perwira Menengah Polda Lampung berpangkat Melati Tiga disambut langsung Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K, M.I.K, didampingi Wakapolres dan para Pejabat Utama Polres Pringsewu.


Kabid Propam Polda Lampung, Kombespol M Syarhan, SIK, MH mengatakan, Mitigasi tersebut merupakan upaya Polda Lampung, dalam hal ini Bid Propam untuk mengurangi berbagai bentuk pelanggaran disiplin, baik kedinasan maupun non kedinasan yang dilakukan Personel Polri dan PNS di wilayah hukumnya.


Pelanggaran yang dimaksud adalah tentang aturan-aturan bagi Personel Polri yang mengikat, seperti pelanggaran Disiplin, Kode Etik Profesi, maupun pelanggaran lain yang dapat mencoreng nama Institusi atau Kesatuan.


"Kegiatan ini, merupakan upaya kita untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran yang dilakukan anggota di jajaran Polda Lampung," jelasnya 


Selain melakukan mitigasi, pihaknya juga mengecek Sarana dan Prasarana Penunjang Tugas Kepolisian, Administrasi dan SOP pelayanan Publik, rumah tahanan dan juga sikap tampang atau performance personil.


"Selain itu, juga untuk memastikan, bahwa personil profesional dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya 


Dalam kesempatan itu, Kabid Propam juga menekankan kepada personil untuk tidak melakukan pelanggaran dan penyalahgunaan kewenangan yang dapat merugikan Institusi Polri.


"Jika ditemukan adanya Personil yang melakukan pelanggaran etika dan profesi, akan kami tindak tegas, dan Sanski terberat adalah pemberhentian dengan tidak hormat atau PTDH," jelasnya


Sementara itu Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K, M.I.K mengatakan, Telah melakukan langkah-langkah guna antisipasi pelanggaran yang dilakukan oleh personil.


Beberapa diantaranya yakni melakukan pembinaan etika profesi, pembinaan rohani, pemeriksaan tes urin mendadak, razia tahanan.


"Selain itu, pengawasan melekat secara berjenjang dari para unsur pimpinan juga tetap dilakukan di setiap bagian hingga unit terkecil baik ditingkat polres dan Polsek"jelasnya

(MERLIYANSYAH, MH)

TerPopuler