Warga Karangsari Pindahkan Aset Pekon, Ketua BHP Sita Kunci Kantor Pekon

Warga Karangsari Pindahkan Aset Pekon, Ketua BHP Sita Kunci Kantor Pekon

20/02/2022, Februari 20, 2022


PRINGSEWU, sinarberitanews.com -- Warga Pekon Karangsari Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, memaksa pindahkan kantor Pekon ke Kantor Bumdes yang dahulunya kantor Bumdes pernah menjadi kantor Pekon.



Ratusan warga memaksa Aparatur Pekon setempat agar pindah kantor ke Dusun satu dengan memindahkan berbagai aset kantor. Sementara Ketua Badan Himpun Pemekonan (BHP) Daliman, sita kunci kantor, sebagai bentuk upaya memaksa, agar kantor pekon pindah ke kantor Bumdes yang terletak di Dusun satu, sementara kantor pekon posisinya berada di Dusun lima.



Daliman selaku Ketua BHP berserta anggotanya bersama dengan beberapa Tokoh Pekon seperti Tohirun serta kawan-kawannya dan BHP secara bersamaan dengan warga Dusun Satu menggeruduk kantor pekon, Jum'at (18/02/2022) sekitar pukul 10.30 Wib, saat para aparatur pekon bekerja.


Ratusan warga yang datang tersebut menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, memindahkan peralatan kantor seperti, meja kursi, lemari, papan plang pekon dan kentongan pekon.


Hal ini disampaikan seorang warga inisial (P) mengatakan, berkumpulnya warga dusun satu pada pagi hari dikumpulkan tokoh masyarakat dengan kegiatan gotong-royong seluruh warga dan ibu-ibu.


Menurut sumber, dengan dalih gotong-royong setelah warga berkumpul, warga diajak beramai-ramai memindahkan aset pekon, berbagai alat kantor tersebut, 


Selain itu sumber juga menjelaskan dimana tindakan BHP dan para tokoh masyarakat dusun 1 ini dinilai telah melakukan hal yang melanggar aturan dan mekanisme yang sudah ditetepkan pemerintah, dalam artian memindahkan aset pekon, artinya memindahkan aset negara tentunya  ada mekanismenya, jika mau pindah.


Terlihat para warga yang melakukan demo tersebut, diduga ada yang memprovokasi warga hingga terjadi demo tersebut. Anehnya, Ketua BHP turut mendukung warga upaya memindahkan kantor pekon tersebut. Padahal jika melihat posisi kantor pekon yang sekarang berada di dusun 5 sangat strategis karena berada di tengah. Jika pindah ke dusun 1, maka letaknya jadi diujung, warga dusun 6 sangat jauh jangkaunya.


Sementara Supriyono Kakon Karangsari saat dikonfirmasi, Jum'at (18/02/2022) kepada media ini mengatakan, benar telah terjadi kegaduhan di kantor Pekon yang mana warga maksa untuk memindahkan barang yang berada di kantor dan dipindahkan ke kantor BUMDES yang di Dusun satu.


"Iya mas sekitar pukul 11-30 warga berbondong-bondong datang ke kantor Pekon memaksa untuk memindahkan kursi dan peralatan yang ada di kantor, BHP memang mengajukan surat usulan pemindahan kantor pekon, namun saya tolak," kata Supri.


Sementara Ketua BHP, Daliman saat dikonfirmasi via ponsel mengatakan,  memang benar yang dilakukan warga untuk memindahkan barang-barang yang ada di kontor pekon, secara serentak warga dan tidak bisa ditahan, segera demo dan membawa berbagai alat kantor.


"Ya pak, memang warga ramai yang datang di kantor Pekon Karangsari, untuk memindahkan kantor Pekon dari Dusun 5 ke kantor BUMDES yang di Dusun 1 Pekon Karangsari. Benar, jika kunci kantor sudah kami amankan, dipegang oleh saya, selaku ketua BHP. Dimana tujuan memindahkan aset negara tersebut. Daliman menjelaskan, bahwa itu keinginan warga dan memang tidak bisa dihalanggi." Jelasnya. (MERLIYANSYAH)

TerPopuler