Kepala Pekon Fajaragung Barat Diduga Telikung Dana DD Tahun 2021

Kepala Pekon Fajaragung Barat Diduga Telikung Dana DD Tahun 2021

10/03/2022, Maret 10, 2022


PRINGSEWU, sinarberitanews.com -- Kepala Pekon (Kakon) Fajaragung Barat Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, berinisial SAR diduga Telikung dana DD tahun anggaran (TA) 2021. Beberapa kegiatan Anggaran Pekon setempat yang tidak sesuai antara kegiatan dan jumlah anggaran, sehingga ditengarai banyak penyimpangan anggaran pembangunan tahun 2021 yang dilakukan Kakon setempat.



Disampaikan seorang sumber yang minta identitasnya dirahasiakan mengatakan pada Anggaran DD Tahun 2021 selama Kepala Pekon SAR menjabat merata kegiatanya banyak di Mark-up, karena semua pekerjaan tidak sesuai dengan anggaran, bahkan sumber juga menjelaskan, pembangunan yang dilakukan Kakon Sub hanya yang ada di Dusun 1 dan Dusun 2 saja, demikian juga pengerasan jalan hanya didua Dusun tersebut saja.


Dijelaskan sumber, kegiatan Pembangunan pembukaan badan jalan yang berlokasi di Dusun 1 arah ke sekolah MAN Pringsewu, dengan anggaran senilai Rp.54.815.000,-. Itu juga, ada dugaan Mark-up sangat banyak, karena hanya sekitar 50 meter saja badan jalan yang dibuka.


Artinya, jika ditelisik anggaran sebesar itu diduga banyak korupsinya. Jika Kakon mengatakan, panjang volume keseluruhan pembukaan badan jalan tersebut mencapai 800 meter, itu tidak sampai sepanjang itu alias kurang volume pekerjaannya, walaupun benar ada dua titik pekerjaan pembukaan badan jalan tersebut.


"Pemeliharaan jalan lingkungan pemukiman/gang Rp.34.000.000, hanya dibuat pengerasan jalan di beberapa titik Pekon yang becek dan dilakukan pemadatan menggunakan sabes, tidak terlalu banyak sabes yang digunakan, diperkirakan hanya menghabiskan sabes beberapa mobil pick-up saja," kata sumber.


Selain itu dijelaskan sumber, untuk kegiatan Pembangunan Talut (Kemiringan Tanah) jalan desa yang diketahui anggaranya mencapai Rp.44.005.000, dibangunkan Talut sekitar sepanjang 50meter, yang  dibangun kiri -- kanan jalan yang berlokasi di Dusun 1 kualitas Talut tersebut sangat parah alias kualitas buruk, kondisi semen talut banyak yang sudah retak-retak, bahkan semennya banyak yang hancur karena kualitas adukan semen yang tidak sesuai petunjuk aturan. Jika melihat volume pekerjaan jelas kegiatan ini sangat banyak anggarannya yang diduha dikorupsi.


Di tempat terpisah, Sekdes Pekon Fajaragung Barat, Hariyadi saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, dia tidak takut diberitakan media, karena sudah biasa pekonnya masuk berita. Namun ketika ditanya soal pembangunan di pekon setempat Hariyadi, mengaku tidak tahu pasti soal bangunan, karena yang memahami adalah Kaur (Kepala Urusan) Pembangunan, terangnya, Selasa (08/03/2022).


Keesokan harinya Kakon Fajar Agung Barat, SAR, A.Md saat dikonfirmasi mengatakan, pembukaan badan jalan di Dusun satu ada sepanjang 150meter, itu Program Padat Karya Tunai (PKT), ada dua titik pembukaan badan jalan ini, di Dusun 1 dan Dusun 2 yang dibangun badan jalan baru tersebut.


Untuk pengerasan jalan itu sabes dari mulai dana DD tahap 1 sampai dengan tahap 3 dibangun untuk sabes semua,  jumlah anggaran Rp.54.815.000,. di seluruh wilayah Fajar Agung  Barat, bukan hanya di Dusun 1, ada 5titik yang di sabes, maka keseluruhan badan jalan panjang 800meter, untuk di Dusun 2 ada 2titik yang disabes di Dusun Pagersari, sementara di Dusun 3 ada 2 titik yang disabes itu di wilayah Kampung Sawah, sementara di Dusun 1 ada satu titik.


Untuk kegiatan pembuatan talut jalan semua dana sudah saya piyurkan masuk semua ke situ, di Dusun 1 panjang talut 150meter, namun ketika ditanya soal buruknya kualitas pekerjaan talut SAR tidak memberikan jawaban. (MERLIYANSYAH)

TerPopuler