LMK Berbasis NIK Tetap Berjalan di Kota Bekasi

LMK Berbasis NIK Tetap Berjalan di Kota Bekasi

25/03/2022, Maret 25, 2022
KOTA BEKASI, sinarberitanews.com --Dipastikan Layanan Kesehatan Masyarakat (LMK) berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga saat ini tetap berjalan di Kota Bekasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati menanggapi adanya polemik terkait layanan kesehatan yang di danai APBD setempat. 


Dia menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota Bekasi lebih memfokuskan layanan kesehatan LKM-NIK pada Rumah Sakit (RS) milik Pemerintah, demikian dikatakan, Jumat (25/3/2022).

“Masyarakat jangan khawatir, karena tetap masih berlaku LKM-NIK. Hanya saja yang membedakan tempat layanan kesehatannya saja, saat ini menjadi di rumah sakit milik Pemerintah saja," ucapnya.


Lebih lanjut, kepada media ia mengatakan, terkait pemberhentian kerjasama dengan LKM – NIK dengan Rumah Sakit Swasta, bukan karena anggaran, namun Pemerintah Kota Bekasi ingin memaksimalkan fungsi layanan kesehatan yang ada.


“Anggaran tetap ada untuk LKM-NIK. Pastinya saat ini kita fokuskan pada RS milik Pemerintah. Dengan tujuan memaksimalkan fungsi dari RS kita. Kita harus bangga punya RS sendiri sebagai bukti Pemerintah hadir dengan terus membagun rumah sakit tipe C dan D. 


Selain terus mengembangkan pelayanan yang sudah ada di antaranya tipe A yaitu RSUD Kota Bekasi. Semua itu, untuk masyarakat dangan tidak ada salahnya kita maksimalkan,” ujarnya.


Lanjut Tanti menegaskan, untuk fasilitas sesuai dengan level sudah lengkap. Kedepannya pihaknya akan melakukan evaluasi untuk melakukan kerjasama lagi dengan RS Swasta dalam LKM-NIK.


Sekedar informasi, Pemerintah Kota Bekasi mulai 1 April 2022 program Layanan Kesehatan Masyarakat Berbasis NIK (LKM-NIK) tetap berjalan. 


Layanan LKM-NIK berlaku pada RS Pemerintah di Kota Bekasi, DKI dan Bogor, yaitu RS Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi, RSUD Tipe D Pondokgede, RSUD Tipe D Bantargebang. 


Kemidian, RSUD Tipe D Jatisampurna, RSUD Tipe D Bekasi Utara, RSCM Jakarta, RSJP Harapan Kita Jakarta, RS Jiwa dr Soeharto Heerdjan Jakarta, dan RS dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. (Adv)

TerPopuler