SMAN 1 Pagelaran Klarifikasi Terkait Pemberitaan Dugaan Selewengkan Dana BOS

SMAN 1 Pagelaran Klarifikasi Terkait Pemberitaan Dugaan Selewengkan Dana BOS

08/03/2022, Maret 08, 2022


PRINGSEWU, sinarberitanews.com -- Sempat diberitakan media ini pada (7/3/22) dengan judul “SMAN 1 Pagelaran Diduga Selewengkan Dana Bos Nilainya Ratusan Juta Rupiah.”  


Terkait Pemberitaan Dugaan Penyelewengan Anggaran Dana BOS, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1  Pagelaran Propinsi Lampung, Klarifikasi Hak Jawab. (08/03/22)



Ditemui di ruang kerjanya Apriana Wiguna MPd, Kepala Sekolah didampinggi Tim Manejemen sekolah untuk konfirmasi dan klarifikasi terkait pemberitaan tersebut. Apriana Wiguna, MPd, mengatakan, "Saya masih baru sebagai kepala sekolah, baru 2 bulan pak, masih berbenah dan membangun kemajuan di sekolah. "Terkait Dana BOS Apriana Wiguna, MPd mengatakan, pada Media sinarberitanews.com (07/03/2022), dia mengatakan :


A. TERKAIT PPDB DARING/ONLINE

PPDB tahun 2020 di SMAN 1 Pagelaran dilaksankan secara daring/online, ini telah sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) dan peraturan dari Dinas Pendidikan yang berlaku. Jadi tidak benar apa yang diberitakan mengenai anggaran bantuan oprasional sekolah (BOS) di tahun 2020, SMAN 1 Pagelaran tidak melaksanakan PPDB.


B. TERKAIT KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 

DANA BOS SMAN 1 PAGELARAN TAHUN 2020 dari fakta yang ada dan telah dikonfirmasikan dapat dijelaskan seperti berikut :

Penggunaan Dana BOS tahun 2020 terkait dengan Kegiatan Ekstrakurikuler secara daring/online telah dilaksanakan sesuai Juknis dan sudah diimplementasikan untuk kegiatan Extrakurikuler siswa. Hal ini dibuktikan dengan program ekskul yang ada dan dokumen photo, sertifikat, piala dan penghargaan lainnya, dimana menghasilkan banyak prestasi dari siswa seperti, Bidang Akademik (dilaksanakan secara daring/online) tahun 2020.


a. Lomba Bahasa Jerman Juara I , II dan III        Tingkat Regional.

b. Lomba Olimpiade Bahasa Jerman               Tingkat   Provinsi Juara I dan II. 

c. Duta Pelajar Lampung Putri 2021 Juara     Runner-up. 

d. Lomba PBB Tingkat Provinsi di Kota Gajah Juara III. 

e. Lomba Pidato Bahasa Indonesia Tk Provinsi di Kotagajah Juara III. 

f. Lomba yel-yel se Provinsi Lampung Juara III. 

g. Juara I Photo grafi di Sumber Rejo Tingkat Nasional. 

h. Juara II Joget Komado Tk Nasional di Sumber Rejo. 

i. Lomba KSN untuk mapel INFORMATIKA mendapat Juara Tingakat Kabupaten dan menjadi wakil untuk Lomba Tingkat Provinsi Tahun 2020. 

j. Lomba KSN untuk mapel Astronomi dan mapel Fisika mendapat Juara Kabupaten dan ikut lomba Tingkat Provinsi Tahun 2021


Bidang Non Akademik ( dilaksanakan secara daring / online ) Tahun 2020 :

 a. Lomba Tari Kreasi Tingkat Provinsi. 

 b. Lomba Design Poster Tingkat Provinsi. 

 c. Lomba Seni Kriya Tingkat Provinsi . 

 d. Klas meeting antar kelas tahun 2020. 

 e. Lomba penulisan puisi secara zoom 2020.

 f. Lomba Kebersihan Kelas dengan prokes        2020


Di tempat yang sama Ahmad Iskandar, SPd, Sebagai wakil Kepsek Bidang Penjamin mutu menambahkan, "ya pak Terkait dengan kegiatan Sarana Prasarana, di SMA Negeri 1 Pagelaran, karena masih masa Pendemi Covid-19 jadi hanya terfokus di program perawatan dan pemeliharaan sarana prasarana yang ada. Dan juga pemenuhan kebutuhan prokes persiapan PTM terbatas saja. Jadi tidak ada anggaran untuk pembangunan apapun yang dilakukan saat itu.Terkait dengan Kepala Sekolah yang tidak masuk kerja


Telah diklarifikasi, bahwasanya Kepala Sekolah pada tanggal dibuat berita yaitu senin  7 Maret 2022 bukan tidak masuk kerja akan tetapi sedang menghadap Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung terkait permasalahan sekolah. Jadi Ibu Kepala sekolah Apriana Wiguna, MPd sedang melaksankan tugas luar, menghadap Bapak Kepala Dinas di Bandar Lampung," imbuhnya.


“Sikap yang di sampaikan pihak sekolah harusnya tidak seperti ini pak, kalau ketemu dengan Tim Manejemen sekolah dan itulah yang dijelaskan, memang apa yang disampaikan pak Eko Embarwadi selaku humas itu benar, karna memang Kegiatan belajar mengajar (KBM) Ditahun 2020/2021 dalam keadaan daring, tapi terkait dana eskul dan pemeliharaan Sapras itu tetap kami laksanakan, dan tidak lupa disampaikan oleh pihak sekolah ini hanya mis komunikasi saja," tambahnya. (MERLIYANSYAH)

TerPopuler