Apel Gabungan Perayaan Malam Takbiran TNI-Polri Diterjunkan Untuk Pengamanan

Apel Gabungan Perayaan Malam Takbiran TNI-Polri Diterjunkan Untuk Pengamanan

01/05/2022, Mei 01, 2022


PRINGSEWU,sinarberitanews.com-Ratusan personil gabungan dari unsur  kepolisan, TNI, Pemda dan Organisasi kemasyarakatan menggelar apel gabungan kesiapan pengamanan perayaan malam takbiran di lapangan pendopo kabupaten Pringsewu. Minggu (1/5/22) sore.


Apel gabungan dipimpin Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.IK, M.IK dan dihadiri Bupati Pringsewu yang diwakili Asisten 1 Purhadi dan Dandim 0424 Tanggamus yang diwakili Danramil Gadingrejo Kapten Redi Kurniawan.


Apel, juga turut dihadiri Wakapolres Pringsewu, Para pejabat utama Polres, Kepala OPD, dan diikuti peserta apel yang terdiri dari unsur kepolisian, TNI, Satpol-PP, Dishub, BPBD, Nakes dan Senkom.


Dalam amanatnya, AKBP Rio Cahyowidi mengatakan, pemerintah tidak melarang masyarakat untuk menggelar kegiatan takbiran sebagai bentuk perayaan kemenangan setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa.


Namun demikian, takbiran hendaknya dilaksanakan secara terbatas di dalam suatu tempat dan tidak dilakukan secara mobile atau berkeliling jalan.


"artinya masyarakat boleh melaksanakan takbiran namun konteksnya terbatas dan disatu tempat tidak dengan mobile/takbir keliling, tidak seperti ditahun-tahun yang lewat dengan cara menumpang mobil, putar putar membawa pengeras suara dan beduk, karena tahun ini kita masih dalam masa pandemi.,"ungkapnya


Dilanjutkannya, Sebanyak 170 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub serta Potensi masyarakat akan diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan takbiran malam ini di penggal-penggal jalan yang dianggap rawan terjadinya kemacetan lalu lintas dan aksi kriminalitas diseluruh wilayah kabupaten Pringsewu.


Beberapa lokasi yang jadi pusat pengaman yakni di pendopo kabupaten Pringsewu, rest area Pringsewu, Tugu gajah Pringsewu dan komplek pemda, mengingat tempat tersebut merupakan salah satu yang magnet atau tempat berkumpulnya masyarakat.


"Hal tersebut dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalin dan kecelakaan, ataupun tindak kriminalitas lainnya seperti jambret, hipnotis, premanisme dan curanmor serta untuk menegakan disiplin protokol kesehatan di kawasan tersebut,"tutur AKBP Rio


Kapolres menambahkan, agar dalam pengamanan malam takbir ini, semua personel tetap mengedepankan sikap humanis. Lakukan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan takbiran di masjid masing-masing, serta untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.


"Para petugas pengamanan silahkan berkolaborasi di lapangan, sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan baik. Salah satu jenis gangguan yang harus di antisipasi yaitu adanya konvoi menggunakan roda empat dan roda dua di jalan raya yang dapat menimbulkan dampak terjadinya kemacetan, kecelakaan bahkan tawuran antar warga,”tandaanya (MERLIYANSYAH)

TerPopuler