Pekon Gunung Tiga Masuk 50 Desa Skala Prioritas BNN RI

Pekon Gunung Tiga Masuk 50 Desa Skala Prioritas BNN RI

10/06/2022, Juni 10, 2022
TANGGAMUS,sinarberitanews.com-Salah satu amunisi BNNK Tanggamus dalam perang melawan narkoba, ialah dengan membentuk program unggulan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). Melalui program tersebut, BNNK Tanggamus mengajak masyarakat untuk turut bergerak memerangi penyalahgunaan narkoba dilingkungannya secara aktif dan mandiri. (10/06/2022)



Pada Program IBM ini, BNNK Tanggamus berupaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan intervensi berkelanjutan terhadap penyalahguna narkoba yang diselenggarakan oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat. Dengan begitu keterbatasan akses terhadap rehabilitasi karena faktor geografis, biaya, maupun stigma negatif masyarakat dapat diminimalisir.



Pembentukan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Pekon Gunung Tiga Kecamatan Pugung telah resmi dikukuhkan pada hari Jum'at 10 Juni 2022 di Sanggar Teater Jabal oleh Kepala BNNK Tanggamus AKBP. Abdul Haris Winsulangi, S. Sos., M.H,. Sambutannya beliau menyampaikan "bahwasannya program ini jangan sampai mati suri sehingga hanya formalitas dan tidak berjalan dengan baik, kemudian beliau menambahkan bahwasannya Pekon Gunung Tiga Kecamatan Pugung masuk 50 Desa Skala Prioritas Nasional yang langsung diawasi dan dipantau oleh BNN RI dan nantinya akan ada tim yang turun untuk memantau jalannya program IBM tersebut."


Kemudian dalam sambutan Camat Pugung Ahmad Yani Halim S. Sos,. M.M., "menyampaikan Program IBM bisa bersinergi dengan pemerintah daerah yang nantinya bisa masuk melalui pengentasan stunting yang dialokasikan dari Dana Desa sehingga masyarakat sehat, Indonesia Cerdas, menuju Indonesia yang maju akan tercapai." Ucapnya.


Turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Pekon Gunung Tiga M. Hijrah Syah Putra, KUPT Puskesmas Rantau Tinjang Vera Lesmana,. S. KM, Bhabinkamtibmas AIPDA. Alfian Junaidi, S.H M. M. Sos, Babinsa KOPTU. Firmansyah dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta seluruh aparatur Pemerintahan Gunung Tiga.


Apa yang akan dilakukan perangkat Pekon Gunung Tiga patut diapresiasi. Untuk itu, BNNK Tanggamus menjadikan Pekon Gunung Tiga nantinya sebagai contoh yang nyata keberhasilan Program IBM dalam menyelesaikan permasalahan narkoba di Indonesia. Dengan begitu upaya memajukan program IBM di Pekon Gunung Tiga terutama di Kabupaten Tanggamus dapat terus berkembang hingga mencapai fase teratas.


BNNK Tanggamus berharap kedepan akan semakin banyak bermunculan IBM-IBM aktif yang mengedepankan upaya rehabilitasi mandiri untuk menolong pecandu narkoba. Ini akan menjadi tolak ukur pemahaman masyarakat bahwa upaya rehabilitasi bukanlah hal yang menakutkan, melainkan solusi terbaik dalam penanganan penyalahgunaan narkoba.(MERLIYANSYAH)

TerPopuler