PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK) DI UPTD BLK DIBUKA KADIS BINSAR SITANGGANG

PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK) DI UPTD BLK DIBUKA KADIS BINSAR SITANGGANG

13/08/2022, Agustus 13, 2022
DELISERDANG, sinarberitanews.com — Pelaksanaan Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) untuk Kejuruan Practical Office Advance, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa, Tata Rias Kecantikan, Pembuatan Roti dan Kue, Pembuatan Hiasan Busana Dengan Mesin Bordir, dan Fillet Welder SMAW 2F PB secara resmi dibuka Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang, Drs. Binsar Sitanggang, MSi di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Deli Serdang, Kamis (9/8).


Dihadiri oleh seluruh peserta dari masing-masing program pelatihan, para instruktur, Ketua Darma Wanita Dinas Tenagakerja Deli Serdang, Eva Binsar Sitanggang dan Kepala BLK Deli Serdang, Aswin Sembiring, turut hadir juga Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan, Andri Susila, S.T., M.Si. 


Kepala BLK Deli Serdang, Aswin Sembiring dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan pemberian pelatihan masyarakat, memberikan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi kepada masyarakat, meningkatkan ekonomi masyarakat melalui terciptanya tenaga kerja kompeten dan bina usaha.


Pelaksanaan PBK diinisiasi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dan tempat pelatihannya di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Deli Serdang Jl. Antara, Bakaran Batu — Lubuk Pakam, PBK ini akan berlangsung sampai tanggal 3 September 2022, ujarnya.


Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan, Andri Susila, S.T., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, bahwa hari ini kita bersyukur bisa hadir membuka PBK dan ini semua adalah demi merah putih yang penuh semangat kemerdekaan Indonesia HUT ke-77. 


Tahun 2045 kita berharap itu adalah tahun bonus demographic bukan bencana demographic, bonus demographic akan kita dapatkan kalau kita mempersiapkan diri, kalau kita tidak mempersiapkan diri untuk menghadapi 2045 maka saat itu yang akan kita dapati adalah bencana demographic, kenapa? Karena pada saat itu, kalau itu yang namanya bencana akan muncul tenaga-tenaga kerja muda yang tidak punya keahlian yang tidak produktif, yang produktif tapi tidak menghasilkan pada saat itu. Disamping karena faktor kesehatan semakin membaik akan semakin banyak generasi yang berusia lebih lama, berusia lanjut tapi tidak memiliki pekerjaan sehingga dalam satu rumah akan ada 1 orang bekerja yang akan menanggung 2,3 atau 4 ikutannya, jadi akan ada seorang tenaga kerja, bapaknya yang kerja menanggung anaknya yang tidak bekerja, menanggung cucunya yang tidak bekerja atau menanggung orang tuanya yang berusia lanjut, itu harus penyemangat buat kita supaya itu tidak terjadi, supaya kita ini benar-benar mendapatkan bonus demographic yang memiliki jumlah pekerja yang banyak yang memiliki kompetensi dipekerjaan tersebut ataupun memiliki usaha. Dalam rangka itulah maka adik-adik disini untuk menyiapkan bahwa masa-masa mendatang generasi muda kita saat ini memiliki keterampilan, untuk membuat peningkatan skillnya supaya disaat nanti dibutuhkan keterampilan itu ada, tutupnya.


Diakhir acara, Binsar Sitanggang menyampaikan harapannya, “kepada adik-adik yang sudah ada disini benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk dilatih di BLK ini, mengambil semua keterampilan yang diajarkan instrukturnya, instruktur yang ada sudah memiliki jam terbang yang cukup, memiliki kompetensi yang cukup sudah dibekali oleh sertifikasi-sertifikasi yang sesuai dengan bidangnya, jadi jangan disia-siakan kesempatan ini hanya untuk sekedar datang ke BLK, mengisi waktu atau bahkan mencari iseng. Jangan ada yang seperti itu. Harapan kami adalah adik-adik masuk kesini yang penuh harapan dan keluarnya nanti penuh percaya diri bilang bahwa saya sudah kompeten”, tandasnya. (Nover

TerPopuler