Diminta Jamisden Purba PT.AA Menunaikan Perjanjian Kemitraan Jangan Di PHP

Diminta Jamisden Purba PT.AA Menunaikan Perjanjian Kemitraan Jangan Di PHP

11/05/2023, Mei 11, 2023

BENGKALIS,sinarberitanews.Com- PT.A.A Distrik 1 Duri Melibur 73 di duga menyerobot lahan warga Talang mandi Rt 004 Rw 015 Jamisden Purba (49) di Desa Tasik Tebing Serai Kecamatan Talang Muandau yang telah dibeli dari Bapak Hasan Basri (Kitap) seluas 6 Hektar. Merasakan Pemberian Harapan Palsu (PHP) dari Perusahaan PT.AA


Yang menunjukkan lahan tersebut dijual adalah pihak pertama yaitu Bapak Kitap orang yang di tua kan di Desa Tasik Tebing Serai ini.


Lahan tersebut sudah sah diketahui oleh perangkat Desa Rt/Rw khusunya Kepala Desa Atan Muizar , lengkap dengan Surat Tanah Nomor 283,284 dan 285/SKPGT/TST 2008.


Bukti Surat tanah Fhoto copi telah diserahkan kepada Media Sinarberitanews.com Roniko Sianturi.


Pada tgl 25/11/2022 pihak PT. AA Distrik Duri 1 Humas Imam Syafe'I mendatangi tanah Jamisden Purba saat bertemu dilokasi tanah, Imam Syafe'I mengatakan bahwa itu areal lahan KONSESI PT.Arara Abadi(PT.AA) kawasan Hutan Produksi tidak boleh dikelolah pihak lain kecuali PT.A.A.

Pada tgl 28 november 2022 Humas PT.A.A Imam Syafe'I dan Marjohan meminta kepada J.Purba ladang seluas 2 hektar untuk dikelolah Perusahaan tersebut. Ladang seluas 2 hektar dengan perjanjian dimitrakan ke pihak PT.AA


J.Purba meminta agar penyelesaian permasalahan lahan saya ini di kantor Desa karena surat tanah saya sudah sah dari Desa(Lurah).


Sebelum pada tgl 25/11/2022 kepala Desa Junaedi Sinaga langsung mendatangi lokasi lahan Jamisden Purba melarang agar tidak ditanami oleh pihak PT.Arara Abadi yg ada dilokasi lahan Jamisden Purba.


Belum di adakan pertemuan antara kedua belah pihak dikantor Desa. Tanpa sepengetahuan Jamisden Purba Tanah tersebut sudah ditanami oleh pihak PT.Arara Abadi.


Setelah mengetahui hal tersebut dengan raut wajah sedih Jamisden Purba(49) warga Talang Mandi ini merasa sangat kecewa dan dirugikan dan tidak terima,yang di alaminya saat ini tanahnya sudah diserobot pihak PT Arara Abadi Distrik Duri 1 dan sudah ditanami Eucalyptus seluas 2 hektar.


"Tanah itu saya beli bukan menggarap,saya kelolah karena ada surat tanah nya dan kami harap supaya tanah kami tidak ditanami lagi dari pihak PT.AA. Dan aneh nya lagi kenapa setelah selesai saya buat parit pihak PT.A.A Distrik Duri 1 Melibur km 73 datang menyerobot tanah saya" ungkapnya


"Lahan itu saya beli untuk keluarga dan anak-anak saya agar ada mata pencaharian sehari-hari dan untuk masa depannya nanti karena memang tinggal itulah pencaharian kami nantinya,sekarang saya tidak punya lahan lagi untuk ditanami sawit " pungkas Jamisden Purba


Pada saat Media Sinarberitanews.Com Roniko Sianturi mendatangi lokasi tanah Jamisden Purba ternyata sudah ditanami  Eucalptus di areal tanah rawa atau gambut dan dilokasi tersebut tidak ada batas areal PT.Arara Abadi,seperti pembuatan papan larangan merusak pohon,berburu satwa liar dll.


Pada tgl 1 februari 2023 Jamisden Purba dengan raut wajah sedih dan tidak banyak bicara tidak tau kenapa!! telah bersedia menyepakati perjanjian kerja sama dengan pihak PT.A.A Humas Imam syafe'i.


Kedua belah pihak telah SEPAKAT lahan seluas 6 hektar tersebut bekerja sama dengan dimitrakan kepada PT.A.A Distrik Duri 1 melibur 73 dan PT.A.A mau mengganti rugi pembuatan parit lahan menggunakan beko(alat berat) dan bibit sawit yg sudah pernah ditanami Jamisden Purba, PT A.A nantinya akan memberikan hasil dari penebangan eucalyptus 4 tahun sekali dan pihak PT.A.A Humas Imam Syafe'i tersebut mau berbagi hasil kepada Pihak Jamisden Purba sesuai kesepakatan perjanjian di awal dengan tawaran skema yang ditentukan dalam perton mendapatkan persenan.


Seiring pada waktu kesepakatan ini pihak PT.A.A Humas Imam Syafe'i telah memberikan sejumlah uang sebesar Rp.2,600.000(Dua juta enam ratus) karena pada saat itu perlu untuk membiayai kebutuhan keluarga Jamisden Purba dan membayar angsuran pinjaman uang.


"Hingga sampai pada saat ini tanggal 11/05/2023 sisa kekurangan ganti kerugiannya semua belum juga terpenuhi,di harap kan kesepakatan nya dapat di penuhi agar semua ganti kerugian sesuai dengan perjanjian yang dibicarakan bisa terpenuhi dengan cepat dan tidak berlama-lama,karena waktu membuat parit lahan tersebut dana nya saya pinjam dan saya harus mengembalikan secepatnya agar saya dapat melunasi dan bunga nya tidak berjalan terus "ungkap Jamisden Purba.


PT. Arara Abadi mengelola hutan Industri tanaman secara berkelanjutan untuk memasok bahan baku kayu kepada PT. Indah Kiat Pulp and Paper.


PT.Arara Abadi yang berdampingan dengan Desa Tasik Tebing Serai nya dapat membantu mendorong agar menjadi lebih baik perekonomian Masyarakat Desa,dan tidak mempersulit perekonomian warga Desa(lurah)yang berdekatan dengan Perusahaan PT.A.A.


Desa Sangat berharap mendapatkan bantuan perbaikan jalan Desa(CSR), bantuan untuk rumah Ibadah,Sekolah,santunan Yatim Piatu,Hewan kurban,program Tanaman kehidupan,Kepemudahan,olah raga, HUT RI dan bantusan Sosial lainya. (Roniko Sianturi)

TerPopuler