PERAYAAN SHEJIT YM KONG CO NGO KOK ONG KELENTENG CIBARUSAH KE-339

PERAYAAN SHEJIT YM KONG CO NGO KOK ONG KELENTENG CIBARUSAH KE-339

17/07/2023, Juli 17, 2023

KAB.BEKASI,sinarberitanews.com-Klenteng NGO KOK ONG berlokasi di jalan Raya Loji Cibarusah RT 01/RW 02, Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi,  telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Kendati warga di Cibarusah mayoritas muslim, namun toleransi antar umat beragama di wilayahnya tetap terjaga.


Acara Shejit dilaksanakan setiap tahun pada malam go gwee jie go tanggalan Imlek, untuk tahun 2023 jatuh pada tanggal tgl 12 Juli 2023, untuk memperingati Sejit kelenteng Ngo Kok Ong yang ke-339 tahun. 



Acara dilaksanakan tanggal 10 -12 Juli 2023, Rangkaian Kegiatan Shejit diawali pada tanggal 10 Juli 2023 dengan Pembersihan Kimsin Kong Co Ngo Kok Ong dan dilanjutkan persembahyangan dan pembacaan Parita bersama. 


Adapun puncaknya acara pada tanggal 11 Juli 2023,  dilaksanakan berbagai Kegiatan Ritual sbb :

1. Ritual Kirab Budaya yang mengusung Kimsin Kon Co Ngo Kok Ong di dalam joli berkeliling  kelenteng sebanyak 9 x, Ritual ini mengandung makna penyambutan bagi para tecu/umat serta tamu yang hadir, serta agar seluruh umat dan tamu yang hadir juga lingkungan sekitar mendapatkan keberkahan. 

2. Pembuatan Hu Peng an, diperuntukan bagi yang membutuhkan untuk pengobatan dan keberkahan.

3. Tahwee (Injak Bara Api) yang mengandung makna untuk menghilangkan energi negatif dan penyembuhan penyakit kejiwaan/non medis.

4. Pemilihan Locu, yaitu sejumlah orang yang dipilih melalui mekanisme pemilihan dengan popwee (persetujuan) Kong Co yang bersedia mengurus persembahyangan di kelenteng Ngo Kok Ong baik secara moril maupun materil.

5. Persembahyangan bersama Shejit Kong Co Ngo Kok Ong tepat pukul 00.00 WIB Tgl. 12 Juli 2023, (Go Gwee Jie Go Imlek 2574).


Rangkaian Acara sejit diakhiri pada tgl 12 Juli 2023 dengan pentas Gambang Kromong untuk menghibur tamu undangan dan masyarakat sekitar.


Dalam acara ini dihadiri para Umat Kelenteng Ngo Kok Ong, juga dihadiri tamu undangan dari kelenteng sekitar diantaranya Cileungsi, jonggol, Cikarang, Karawang, Bogor, Jakarta, Tangerang, serta dihadiri perwakilan dari umat kelenteng beberapa daerah yang cukup jauh diantaranya  Indramayu dan Kudus .


Acara ini sangat meriah dengan banyaknya kuliner dari berbagai daerah, dengan tujuan untuk menyatukan semua umat dari berbagai suku, agama,dan  budaya bangsa supaya menjadi satu, tidak ada perbedaan diantara satu dengan yang lain yang berazaskan Bhineka Tunggal Ika. 


Acara Shejit berjalan sukses berkat dukungan pengamanan serta koordinasi dari Polsek, Koramil, Babinsa, Satpol PP, Ormas-ormas dan tokoh warga sekitar. Turut hadir Bpk Kapolsek Cibarusah, serta Danramil Cibarusah mengamankan acara Sejit ini.

Seluruh lapisan masyarakat Cibarusah antusias dalam acara perayaan tersebut dan tampak di raut wajah mereka penuh kebahagiaan.


Demikian wawancara kami dengan Ibu Imelda Wiguna - Ketua Yayasan Virya Dharma dan Bpk. Kardjoh Dhamma Sukho - Dewan pengawas Yayasan Virya Dharma. 



Gedung Klenteng Ngo Kok Ong akan direnovasi,  Pekerjaan akan dimulai bulan Oktober 2023 bagi para donatur yang ingin berpartisipasi bisa transfer melalui rekening sebagai berikut: 

Bank : BCA - KCP Summarecon Bekasi

Nomor Rekening : 7635 4459 21

Atas nama : Imelda Wiguna.

(Barensius)

TerPopuler