Warga Apresiasi Program Penurunan Stunting

Warga Apresiasi Program Penurunan Stunting

11/07/2023, Juli 11, 2023

SUKABUMI,sinarberitanews.com-Ketua Tim Rechecking Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap Bencana (Gagah Bencana) Peduli Stunting Provinsi Jabar Ety Yuliaty mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, banyak program hebat yang dimiliki Kabupaten Sukabumi dalam penanganan stunting.


“Banyak inovasi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi. Mulai dari beras stunting, telur, perikanan, dan lain-lain. Ini membuat Sukabumi penurunan stuntingnya sudah lebih baik,” ujarnya saat hadir di Pendopo Sukabumi untuk rechecking Gagah Bencana peduli stunting, Selasa, 11 Juli 2023.




Tak hanya itu saja, kehadiran dan keterlibatan perangkat daerahnya pun luar biasa. Hal itu termasuk program yang telah dilaporkan PKK Kabupaten Sukabumi sudah sangat luar biasa.


“Top sekali beberapa perangkat daerah terkait terlibat. Laporan PKK pun luar biasa terkait lokus yang berada di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak. Hari ini akan kita lihat secara langsung dari apa yang dilaporkan PKK,” ucapnya.


Berkaitan rechecking sendiri, dirinya hadir bersama sejumlah orang. Mereka akan melihat dan menilai secara langsung fakta di lapangan terkait Gagah Bencana peduli stunting.


“Kami ada lima orang yang akan melihat semua kelengkapan di lapangan,” ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, berbagai upaya pemerintah telah dilakukan untuk menurunkan stunting. Bahkan dari upaya itu, terwujud sejumlah program yang sudah berjalan.


“Di Dinas Peternakan misalnya, ada pemberian telur yang dibantu CSR peternakan ayam petelur. Terus ada beras nutrizinc. Beras ini sangat bagus untuk menambah nutrisi bagi orang terindikasi stunting. Makanya, kita sebut beras stunting.Di Dinas Perikanan, memanfaatkan hasil ikan untuk peningkatan gizi anak,” bebernya.


Tak hanya dari sisi konsumsi saja, pembinaan terhadap ibu – ibu pun turut dilakukan. Hal itu salah satunya lewat program Perempuan Hebat untuk Keluarga Berkualitas (Perahu Kertas).


“Lewat Perahu Kertas, kami mendorong perempuan untuk memberdayakan diri. Sehingga, mereka bisa menunjang ekonomi dan berbagai hal di dalam keluarga,” terangnya.


Semua program yang dimilikinya, tidak terlepas juga dari peran PKK. Apalagi, dengan kader PKK yang melimpah hingga ke tingkat bawah.


“Kader PKK terus membantu kami dengan mengedukasi masyarakat, termasuk permasalahan stunting ini,” jelasnya.


Terakhir, H. Marwan sangat bersyukur hadirnya tim rechecking ke tempatnya. Sebab, kehadirannya dapat memberikan masukan untuk kebaikan Kabupaten Sukabumi.


“Kehadiran ibu ke sini, kami pun meminta masukan untuk progres kebaikan dan kebijakan dalam penanganan stunting yang lebi baik,” pungkasnya

(mem)

TerPopuler