Sinergi Pemerintahan Dalam Pencapaian Indikator Strategis Pembangunan di wilayah Jawa Barat

Sinergi Pemerintahan Dalam Pencapaian Indikator Strategis Pembangunan di wilayah Jawa Barat

20/07/2024, Juli 20, 2024

SUKABUMI,sinarberitanews.com– Menteri Dalam Negeri RI, M. Tito Karnavian, memimpin Rapat Koordinasi Kepala Daerah dengan tema “Sinergi Pemerintah Dalam Pencapaian Indikator Strategis Pembangunan di Provinsi Jawa Barat”. Rakor ini berlangsung di Aula Barat Gedung Sate Bandung, pada Jumat (19/07/2024).


Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Pj. Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, Sekda Provinsi Jawa Barat, Forkopimda Provinsi Jawa Barat, serta para Kepala Daerah se-Provinsi Jawa Barat.


Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan beberapa hal terkait strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), evaluasi target pendapatan, realisasi belanja daerah, Sumber Daya Manusia (SDM), hingga isu kesehatan seperti stunting. Mendagri juga mengapresiasi realisasi belanja Provinsi Jawa Barat yang berada di atas rata-rata provinsi se-Indonesia.



Selain itu, ia juga mengapresiasi realisasi pendapatan Kabupaten Sukabumi yang masih berada di posisi lima besar di Jawa Barat. “Kabupaten Sukabumi ok ya, ini artinya masih di atas rata-rata nasional,” imbuhnya.


Usai acara, Bupati Sukabumi menjelaskan beberapa hal yang mempengaruhi investasi di Kabupaten Sukabumi, baik dari regulasi hingga infrastruktur dan SDM. “Di Kabupaten Sukabumi dimungkinkan adanya investasi, tapi banyak persoalan yang harus dibenahi. Secara regulasi kita sudah mulai membenahi, tapi banyak faktor lain yang juga perlu dicermati terutama dalam posisi dukungan yang mempergunakan sistem antara Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga Kementerian,” jelasnya.

Bupati juga menegaskan perlunya infrastruktur penunjang agar investor mau menanamkan modal di Kabupaten Sukabumi.


Di penghujung acara, dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tentang akselerasi pencapaian indikator strategis pembangunan Jawa Barat 2024.(mem)

TerPopuler