Festival Budaya Susur Sungai Berbusana Adat

Festival Budaya Susur Sungai Berbusana Adat

24/08/2024, Agustus 24, 2024

BOJONGKULUR, sinarberitanews.com - Bila selama ini berbusana adat hanya di darat, besok ada kegiatan yang berbeda di Bojongkulur, Bogor, yaitu berbusana adat sambil menyusuri sungai Cikeas gunakan perahu karet sambil mengumpulkan sampah.


Kegiatan unik ini diinisiasi oleh Desa Wisata Bojongkulur dalam sebuah acara *Festival Budaya Susur Sungai Cikeas*.

Acara yang mengusung tema "_Cintai Budaya, Lestarikan Sungai Kita_ " ini akan berlangsung, Sabtu 24 Agustus 2024 di Desa Desa Wisata Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Ketua Desa Wisata Bojongkulur, Puarman mengungkapkan lomba ini beregu 5-6 orang per tim dan diikuti oleh 30 tim atau perahu


Untuk mengikuti lomba, peserta melakukan empat aktifitas. Diawali dengan berbusana adat nusantara yang simpel, parade busana nusantara. Dilanjutkan dengan susur sungai Cikeas menggunakan perahu karet serta mengumpulkan sampah di perjalanan.


Sepanjang perjalanan sejauh 2 km, peserta dibekali karung untuk mengumpulkan sampah plastik dan styrofoam di sungai maupun bantaran sungai. Sampah yang terkumpul akan ditimbang oleh panitia dan seterusnya disedekahkan ke Bank Sampah binaan Desa Wisata Bojongkulur.


Puarman yang juga dikenal sebagai Ketua KP2C (Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas) menyebutkan bahwa susur sungai menggunakan perahu karet (river boat) ini, selain untuk sarana hiburan yang menyenangkan, juga sebagai sarana edukasi dan melatih ketahanan fisik.


"Susur sungai merupakan kegiatan mengenal ekologi sungai dan karakteristik sungai," ungkap Puarman.


"Kegiatan tersebut meliputi pengenalan arus air, komponen yang ada di sungai, lingkungan sekitar sungai serta badan sungai," tambahnya 


Susur sungai menggunakan busana adat ini  diselengggarakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 dan selanjutnya akan menjadi agenda rutin tahunan Desa Wisata Bojongkulur.


Acara Festival juga diisi dengan perlombaan Lomba Gebuk Bantal di Tengah Atas Sungai, kita akan menyaksikan bagaimana keseruan peserta saling memukul bantal di jembatan bambu yang disediakan panitia dan peserta yang jatuh ke sungai dinyatakan kalah.


Panitia juga membagikan 5.000 kupon door prize utk penonton, pendukung, supporter dan masyarakat lainnya dengan ratusan hadiah menarik (HS).

TerPopuler