Pemkab Sukabumi Peringati Hari Keluarga Nasional (Harganas)

Pemkab Sukabumi Peringati Hari Keluarga Nasional (Harganas)

28/08/2024, Agustus 28, 2024

SUKABUMI,sinarberitanews.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di kawasan Selabintana, pada Rabu (28/08/2024). Kegiatan yang dirangkaikan dengan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 ini dihadiri oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.


Dalam acara tersebut, Bupati H. Marwan Hamami menegaskan peran penting keluarga dalam membentuk budaya, karakter, dan perilaku anak. Menurutnya, keluarga memiliki peran sentral dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, yang sangat diperlukan untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.


“SDM yang unggul ini tentu sangat dinanti untuk menyongsong Indonesia emas 2045,” ujarnya.


Bupati Marwan juga menyoroti pentingnya penurunan stunting sebagai salah satu agenda utama dalam upaya menciptakan SDM yang unggul. Ia menekankan bahwa tanggung jawab ini ada pada generasi saat ini.



“Menuju Indonesia emas, kita harus terbebas dari stunting. Ini menjadi kepedulian kita semua. Sebab, masa depan generasi berikutnya ada di tangan kita-kita ini,” ucapnya.


Ia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penanganan stunting melalui berbagai langkah preventif dan solutif. “Seiring dengan harapan Indonesia emas, kita harus mengatasi permasalahan stunting. Mari kita bersama-sama mencapai perubahan yang signifikan dan menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak kita,” ajaknya.


Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga meluncurkan program pemberdayaan ekonomi lokal kreatif yang dinamakan Baraya Elok, sebagai langkah solutif untuk membantu perekonomian masyarakat dan berkontribusi pada penurunan stunting.


“Potensi yang dimiliki harus didorong dan diberdayakan, termasuk peran UMKM. Semoga saja, melalui semua ini berkontribusi signifikan terhadap penurunan stunting,” harapnya.


Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Herman Melani, mengapresiasi Kabupaten Sukabumi yang telah menunjukkan penurunan angka stunting dari tahun sebelumnya. Ia juga menekankan bahwa peringatan Harganas di Sukabumi menjadi momentum penting untuk terus menurunkan angka stunting.


“Kami dari Jawa Barat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kabupaten Sukabumi. telah bekerja keras membantu program-program penurunan stunting,” ungkapnya.


Acara yang berlangsung meriah ini diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk santunan, penyerahan penghargaan, pelantikan Forum Anak Daerah Kabupaten Sukabumi periode 2024-2026, hingga peluncuran Baraya Elok oleh Bupati Sukabumi(mem)

TerPopuler