Dalam Rangka HJKS Ke-154 Bupati Adakan Festival Pencak Silat

Dalam Rangka HJKS Ke-154 Bupati Adakan Festival Pencak Silat

06/09/2024, September 06, 2024

SUKABUMI,sinarberitanews.com – Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi H. Ade Suryaman mewakili Bupati membuka acara Festival Pencak Silat Bupati Cup ke 2 yang diselenggarakan di Venue Tinju GOR Palabuhanratu, Jumat (6/9/24).


Festival pencak silat yang akan diselenggarakan selama 3 hari ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kab. Sukabumi (HJKS) ke-154 yang diikuti oleh 500 peserta dari 38 Paguron yang bertujuan sebagai ajang pelestarian budaya olahraga pencak silat di Kab. Sukabumi.


“Festival pencak silat ini sebagai ajang pencarian bakat dan silaturahmi dalam peningkatan pelestarian pencak silat di Kab. Sukabumi,peserta lebih dari 500 orang yang berasal dari paguron-paguron Kab. Sukabumi maupun dari luar Kab. Sukabumi seperti Kota Sukabumi, Banten, Cianjur, Bogor, dan Garut,” jelas Kabid Olahraga Budpora Kab. Sukabumi Erwin AR.




Melihat perkembangan kemajuan pencak silat di Kab. Sukabumi, Ketua 3 IPSI Jabar Abah Helmi menyampaikan apresiasi atas kemajuan pelestarian pencak silat di Kab. Sukabumi.


“Potensi pencaksilat di Kab. Sukabumi sangat luar biasa,” jelasnya.


Sementara Itu tahun ini merupakan ke-dua kalinya festival pencak silat bupati cup ini dilaksanakan, kegiatan tahunan ini diharapkan dapat membangkitkan dan melestarikan pencak silat di Kab. Sukabumi.


“Jika bukan kita yang menjaga budaya ini, lalu siapa lagi. jangan tunggu pencak silat ini pudar dari masyarakat ataupun dicuri oleh bangsa lain,” ungkapnya.


Pemerintah Kab. Sukabumi menyambut baik penyelenggaraan ini dan sangat serius mendukung lestarinya kebudayaan seni beladiri pencak silat ini.


“Mari kita bersinergi mengharumkan nama pencak silat, nama kabupaten sukabumi, dan nama indonesia di pentas dunia,” terangnya.


Oleh karenanya, Sekda berharap melalui momentum ini dapat merangsang para pendekar dan praktisi pencak silat untuk lebih menghidupkan serta melestarikan pencak silat di kalangan masyarakat.


“Suatu hal yang penting dalam kejuaraan ini adalah semangat untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. menang atau kalah bukanlah suatu tujuan utama, melainkan untuk saling mengenal dan memperkaya hasanah pencak silat, serta membina dan melatih jiwa sportivitas,” pungkasnya.(mem)

TerPopuler