KP2C Apresiasi Upaya Pengendalian Pencemaran Sungai Cileungsi

KP2C Apresiasi Upaya Pengendalian Pencemaran Sungai Cileungsi

24/09/2024, September 24, 2024


BOJONGKULUR, sinarberitanews.com - Biasanya jika terjadi lebih dari 6 HTH (Hari Tanpa Hujan) di sungai Cileungsi, maka air sungai akan menghitam dan bau.

Hal ini selalu terjadi setiap bulan Agustus hingga Oktober.


Namun pada Senin 23 September 2024 ketika sudah terjadi lebih dari 8 HTH (Hari Tanpa Hujan), sungai Cileungsi cukup bersih, tidak menghitam ataupun bau.


Hal ini diungkapkan Puarman, Ketua KP2C (Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas) pada saat meninjau hilir sungai Cileungsi di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri.


"Bulan September tahun lalu sungai Cileungsi kondisinya hitam dan bau tapi hari ini terlihat cukup bersih" jelas Puarman dalam keterangannya pada media ini.


"Kita patut memberikan apresiasi atas upaya DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Bogor dan Jawa Barat mengendalikan pencemaran serta penegakan hukum di sungai Cileungsi" lanjut Puarman


KP2C berharap agar upaya ini terus berlanjut dan ditingkatkan, termasuk dalam hal penegakan hukum yang lebih ketat bagi para pelaku pencemaran. "Kami berharap semua pihak terus berkomitmen untuk menjaga Sungai Cileungsi sebagai sumber kehidupan, bukan tempat pembuangan limbah," tambahnya.


Langkah-langkah ke depan yang diharapkan KP2C mencakup penambahan fasilitas pengolahan air limbah, penyuluhan lebih intensif kepada pelaku usaha dan masyarakat, serta pembangunan kolaborasi jangka panjang antara pemerintah, sektor swasta, dan komunitas lokal.


KP2C berkomitmen untuk terus mendukung upaya pengendalian pencemaran sungai dengan berpartisipasi aktif dalam berbagai program dan kegiatan yang berhubungan dengan konservasi lingkungan dan pengelolaan sumber daya air.


Tentang KP2C

KP2C adalah komunitas yang berfokus pada peringatan dini banjir, upaya pelestarian dan pemulihan kondisi Sungai Cileungsi dan Cikeas. Sejak didirikan, KP2C aktif dalam kegiatan pemantauan, advokasi lingkungan, serta penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga ekosistem sungai.


"Kita dukung segala upaya untuk pemulihan sungai Cileungsi dan Cikeas" tutup Puarman sebagai Pendiri KP2C. (HS).

TerPopuler