Wabup Sukabumi Iyos Somantri Mendapatkan Penghargaan Outstanding Nature Conservations Leader

Wabup Sukabumi Iyos Somantri Mendapatkan Penghargaan Outstanding Nature Conservations Leader

18/09/2024, September 18, 2024


SUKABUMI,sinarberitanews.com — Iyos Somantri dianugerahi penghargaan Outstanding Nature Conservations Leader dalam ajang CNN Indonesia Awards 2024 keenam.


Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur CNN Indonesia Titin Rosmasari kepada Wakil Bupati Sukabumi periode 2021-2026 Iyos Somantri pada acara puncak yang berlangsung di Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (17/9) malam.


Iyos Somantri adalah sosok yang memiliki peran aktif di balik keberhasilan Geopark atau Taman Bumi Nasional Ciletuh atau Palabuhanratu National Geopark di Kabupaten Sukabumi, yang kembali mendapatkan Green Card UNESCO dan tetap menyandang sebagai Geopark UNESCO di tahun 2022.




Iyos juga pernah menerbitkan karya ilmiah berjudul “Kolaborasi Pengembangan Kawasan Geopark dalam Mewujudkan Destinasi Pariwisata Berkelas Dunia (World Class Tourism) di Provinsi Jawa Barat”.


Karya ilmiah ini menjadi referensi pengakuan Ciletuh sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark oleh PBB.


Merangkap sebagai ketua harian Badan Pengelola (BP) Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGP), Iyos memastikan Geopark Ciletuh akan tetap terjaga kelestariannya dan melibatkan masyarakat untuk ikut melakukan konservasi di kawasan tersebut.


Iyos Somantri lahir di Tasikmalaya pada 19 Januari 1963. Ia berhasil meraih gelar sarjana di Universitas Pasundan Bandung, Jawa Barat dan menyelesaikan gelar S2 dari Universitas Padjajaran.


Sebagai putra daerah asal tanah Sunda, Iyos Somantri merupakan sosok inspiratif yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan hal itu dibuktikan oleh dirinya yang saat ini menduduki posisi sebagai Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi periode 2021-2026.


Dalam penghargaan kali ini, CNN Indonesia mengangkat tema “Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju.”


CNN Indonesia Awards keenam memberikan penghargaan kepada pemerintah kota/kabupaten, jajaran menteri, BUMD, serta pihak swasta yang berada di Jawa Barat.


Ajang ini turut dihadiri oleh Chairman sekaligus Pendiri CT Corp Chairul Tanjung, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan beberapa pejabat lain.


Sebelumnya, ajang CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan ajang kedua yang dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.


Lalu, CNN Indonesia Awards ketiga digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 Juli 2024. Sementara, CNN Indonesia Awards keempat berlangsung di Medan, Sumatera Utara pada 10 Agustus 2024 lalu dan kelima diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah pada 14 Agustus 2024.


Sementara Iyos sangat bersyukur dan  mengucapkan terimakasih kepada CNN yang telah memberikan award tersebut.


“Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan terimakasih juga kepada Bapak Bupati Sukabumi atas bimbingan dan arahannya, dan juga terimakasih kepada jajaran BP CPUGGp yang telah berjibaku dengan penuh semangat, gesit dalam bekerja meskipun dirasakan masih banyak kekurangan,” pungkas Iyos.(mem)

TerPopuler